Media Purwakarta
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Purwakarta Tuai Protes Panitia Kurban Gegara Daun Jati

Bupati Purwakarta Tuai Protes Panitia Kurban Gegara Daun Jati


MediaPurwakarta.com | Purwakarta - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika yang sering disapa Ambu, mengaku sejauh ini terus gencar memberikan himbauan agar panitia kurban tidak menggunakan plastik. Tetapi mereka diarahkan menggunakan bahan ramah lingkungan, semisal dauh jati atau dedaunan lain yang kenal istilah besek.(7/8/19)

''Wadah besek dari bahan bambu dipersilahkan, asal jangan pake kantong plastik,'' ujar Anne.

Instruksi dari Bupati Purwakarta itu bukan tanpa protes dari sejumlah pihak. Namun, Anne berkomitmen jika instruksi tersebut diharapkan tetap dilakukan demi menjaga lingkungan dari penggunaan sampah plastik.

''Sempet ada yang protes, tetapi kan ini himbauan tujuannya baik, kalaupun yang digunakan daun jati hanya di wilayah tertentu seperti di Kecamatan Wanayasa, Kiarapedes dan Maniis,'' ucap Anne.

Hal ini Pemkab Kabupaten Purwakarta mengagendakan lomba kreasi bungkus daging kepada panitia kurban. Rencana itu untuk mendorong penggunaan material ramah lingkungan pengganti kantong plastik sebagai pembungkus daging.

''Syarat utamanya gunakan material bahan ramah lingkungan atau tidak menggunakan plastik, harus hasil kreasi panitianya, dan akan ada hadiah menarik bagi pemenang,'' ujar Bupati Anne.

Lomba kreasi diharapkan memberikan motivasi dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik. Di Kabupaten Purwakarta diprediksi ada sekitar 700 titik pemotongan hewan kurban, dengan rincian 1500 ekor sapi dan lebih dari 5.000 ekor domba.

''Semoga bisa memotivasi dan membangun kesadaran,'' ucap dia.


Semakin banyak yang melakukan maka semakin besar dampak baiknya kepada bumi yang kita sama-sama tinggali.

(AK)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.