Media Purwakarta
Live
wb_sunny

Breaking News

Diskoperindag Purwakarta Dorong Kembangkan Batik Lokal

Diskoperindag Purwakarta Dorong Kembangkan Batik Lokal

Kepala Bidang UKM Diskoperindag Kabupaten Purwakarta, Ahmad Nizar
Purwakarta - Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Purwakarta tengah menggarap batik untuk menjadi salah satu identitas Purwakarta.

Selain itu batik juga bisa untuk mendongkrak perekonomian dan memberdayakan masyarakat setempat.

Kepala Bidang UKM Diskoperindag Kabupaten Purwakarta, Ahmad Nizar mengatakan, tahun depan rencananya bisa terealisasi untuk pengembangan motif batik khas purwakarta. 

 "Pengembangan batik itu harus disahkan dan diakui biasanya oleh yayasan batik nusantara, kita lagi proses itu," kata dia, Sabtu (31/8/2019). 

Menurutnya, teknik pengembangan batik bermacam-macam karena setiap daerah harus memiliki motif sendiri. Historikal ornamen nusantara diaplikasikan ke batik termasuk batik Purwakarta yang akan dikembangkan. 

"Kita coba ada etalse rumah keramik, juga museum keramik, dan juga mengembangkan motif batik purwakarta. Sejauh ini belum optimal untuk pengembangan UKM, dananya belum ada, diperkirakan tahun 2020, hanya mengeksplorasi produk yang ada saat ini," ujar Ahmad Nizar. 

Selain itu, sejauh ini pengembangan UKM terus ditingkatkan dalam mendatangkan sumber rezeki bagi masyarakat. Torehan prestasi yang berhasil raih Rini Juniawati menjadi salah satu pembuktian jika masyarakat Purwakarta cukup kreatif dalam mengembangkan UKM. 

"Tentu saya mengapresiasi hal itu, peningkatan UKM memang harus terus digali," turutnya. 

Ia mengatakan, pihaknya juga mendapat kategori Juara II untuk kategori Display stand terbaik di acara Cooperative Fair."Iya kita juga dapat piala penghargaan pada acara di Bandung kemarin," ujar Ahmad Nizar. (Red)

(AK)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.