Media Purwakarta
Live
wb_sunny

Breaking News

Diskusi Hangat Pembekalan Peserta Pelatihan Bording Smart Farming Kelurahan Nagrikaler

Diskusi Hangat Pembekalan Peserta Pelatihan Bording Smart Farming Kelurahan Nagrikaler

Lurah NagriKaler, Dede Iskandar dan Elis Mulia Sundawati, S.Pd
Kepala Seksi (Kasi) Standarisasi Disnakertrans Kabupaten Purwakarta
MediaPurwakarta.com | Purwakarta - 16 Pemuda warga Kelurahan Nagrikaler terpilih yang akan mengikuti program Bording pelatihan penetasan telur ayam di BLK Lembang, Bandung mengadakan diskusi hangat sebagai pembekalan menjelang keberangkatan.

Program ini di prakarsai oleh Lurah Nagrikaler melalui Dinas Tenaga Kerja Kab. Purwakarta Bidang Pelatihan dan Produktifitas yang merupakan penyerapan salah satu program dari Kementrian Tenaga Kerja Replubik Indonesia.


Diskusi hangat ini merupakan ajang silaturahmi perkenalan 16 peserta dari masing - masing RW di Kelurahan itu yang di hadiri oleh Lurah dan Pihak Disnakertrans Kab. Purwakarta yang membahas jadwal keberangkatan, titik kumpul, persiapan pembekalan peserta, serta selayang pandang tentang pelatihan itu.


"Peserta membawa kelengkapan baju untuk pelatihan selama 16 hari, disana disediakan asrama tinggal, peserta diberikan 3x makan/hari dan uang saku selama pelatihan, besok jam 10 siang (minggu,25/8/19) berkumpul di Kelurahan berangkat ke Bandung dengan mobil travel," Terang Lurah NagriKaler, Dede Iskandar, SE. di Purwakarta. Sabtu,(24/8/19).


Dede juga menerangkan gagasanya mengadakan pelatihan itu.


"Tujuan diadakan pelatihan ini untuk memberdayakan produktifitas pemuda di Kelurahan Nagrikaler agar bisa menciptakan usaha baru terlebih untuk mengurangi pengangguran di lingkungan Kelurahan Nagrikaler," Ujar dia.


Kepala Seksi (Kasi) Standarisasi pada kantor Disnakertrans Kabupaten Purwakarta, Elis Mulia Sundawati, S.Pd yang pada saat itu ikut hadir memberikan gambaran terhadap peserta yang akan mengikuti pelatihan itu.


"Jadi pelatihan ini nanti kita akan belajar bagaimana cara merawat idukan dan penetasan telur berikut disiplin ilmu di dalamnya, porsi pelatiahan ini 70% praktek 20% teori 10% evaluasi atau ujian kompetensi, peserta akan di berikan sertifikasi langsung dari kementrian tenaga kerja dan diberikan alat praktik untuk usaha usai pelatihan berakhir," Ulas Beliau.


Dia juga membeberkan bahwa program ini tidak di pungut biaya.


''Program pelatihan smart farming dari Kementrian Tenaga Kerja Ini gratis tidak dipungut biaya, kecuali non bording peserta sendiri akan di kenakan biaya oleh BLK Lembang, Bandung. Makannya kita harus harus menggunakan kesempatan ini agar kita punya skill ketika pelatihan berakhir," Tutur dia saat diskusi siang itu.


Berikut data Rundown yang diperoleh untuk awal pelaksanaan :
09.00 - 10.00 : pembukaan.
10.00 - 12.00 : Orientasi; Pengenalan BLK; Tata Tertib; Pengenalan Siswa & Pemilihan Ketua Kelas; Pengisian form Registrasi (u/ yg belum).
12:00-13.00 : Isoma.
13:00-15:00 : Pengisian App Online untuk yg belum; Pemeriksaan Kesehatan; Pendaftaran Asuransi; Pembagian Tas ATK Kaos dll.
15:00-17:00 : Pengenalan Lingkungan BLK (Tour).


(WP)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.