Media Purwakarta
Live
wb_sunny

Breaking News

Kurang lebih 2500 KPM Di Purwakarta Mulai Dapat ATM Kombo BNI

Kurang lebih 2500 KPM Di Purwakarta Mulai Dapat ATM Kombo BNI


MediaPurwakarta.com | Bungursari - BNI Cabang Purwakarta mulai bagikan kartu keluarga sejahtera (KKS) yang di bernama produk Kombo, kepada 117 Keluarga penerima manfaat (KPM), di Kecamatan Bungursari, Senin (5/8/2019).

Angga Diman Pratama, selaku petugas pendistribusian kartu keluarga sejahtera (KKS/Kombo) dari BNI Cabang Purwakarta, menjelaskan, " Pembagian kartu Kombo berupa ATM tersebut di berikan kepada warga masyarakat yang kurang mampu. Adapun saldonya baru akan terisi dan isinya berupa uang sebesar Rp 110 ribuan untuk dibelanjakan berupa beras ataupun telur yang sudah tersedia di E-Waroeng atau agen 46, yang telah tersedia di setiap Desa," ujarnya. 


Hal tersebut sebagai salah satu bentuk program bantuan pangan non tunai (BPNT) yang dahulunya merupakan bantuan berupa beras rakyat sejahtera (Rastra).
  


Sementara itu menurut Aam Syamsiah selaku Koordinator tenaga kesejahteraan sosial (Korteks) di Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta, menambahkan, "Kartu kombo, diberikan kepada KPM di masing-masing Desa se Kabupaten Purwakarta, sedangkan sasarannya adalah masyarakat kurang mampu yang diajukan oleh Desanya masing-masing melalui aplikasi Sistem Informasi dan Informasi- Next Generation (SIK-NG ) melalui data Kemensos RI."Jelasnya.

"Data terpadu program penanganan Fakir Miskin adalah data fakir miskin hasil pendataan yang dilakukan oleh lembaga yang menyelenggarakan urusan Pemerintahan di bidang kegiatan statistik dan telah diverifikasi dan divalidasi oleh Kementerian Sosial, serta telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah," sebutnya.

Lanjut Aam dalam penuturannya, "Bantuan sosial adalah berupa barang, atau jasa kepada seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu, dan/atau rentan terhadap resiko sosial. Bantuannya diberikan secara nontunai dari Pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya, melalui rekening bank selanjutnya digunakan untuk membeli bahan pangan yang telah di tentukan" Jelas Korteks dari Dinsos Kabupaten Purwakarta ini.

"Pada hari ini untuk se Kabupaten Purwakarta, sebanyak 2500 KPM pada tahap kedua tahun 2019, akan dibagikan secara bertahap. Untuk Kecamatan Bungursari, banyaknya KPM yang menerima kartu Kombo tersebut, ada 117 orang. Apabila KPM tersebut meninggal dunia, maka dapat diwariskan kepada generasi berikutnya berdasarkan data dari SIK-NG," pungkasnya.



(AK)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.