Media Purwakarta
Live
wb_sunny

Breaking News

Hajat Bumi Buruan Urang Lembur

Hajat Bumi Buruan Urang Lembur

Syukuran hasil panen Warga Desa Cibening
MediaPurwakarta.com | Bungursari - Syukuran hasil panen Warga dalam gelaran Hajat Bumi di lingkungan Kp. Bunder RT 20 RW 07 Desa Cibening.

Acara Hajat Bumi di hadiri oleh Kades Hormat Desa Cibening Agus Sopian ,Staff Desa Cibening, Babinsa, BhaBinKamtibmas, perwakilan RT/RW, dan Warga Desa Cibening.

Maksud dari acara Hajat Bumi/Babarit,adalah rasa syukur warga setelah hasil panen, sedangkan istilah Babarit adalah Ngabubarkeun ririwit (menghilangkan penyakit, kesusahan, kemalangan atau segala permasalahan hidup) dan mensyukuri nikmat yg telah alloh SWT berikan dan menyambut tahun baru Muharram 1441H.

Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan warga di Kp. Bunder RT 20 RW 07 Desa Cibening.

Amin Sonjaya selaku Kadus 04 Desa Cibening mengatakan, makanan atau hasil tani yang dikumpulkan lalu dipasang pada janur nantinya diambil lagi oleh warga secara bersama-sama sambil di hibur oleh seni sunda kacapi kawih wargi budaya dipimpin oleh Bah Ibud Masda Putra.

"Bukan bermaksud berfoya - foya, kegiatan ini adalah sebagai rasa syukur kami. Selain itu kegiatan ini memang sudah turun menurun leluhur di desa kami yang sudah dimulai sejak dulu sampai sekarang," kata Amin, Senin (09/09/2019).

Ditempat yang beda Agus Sopian berharap kegiatan ini mencerminkan kebersamaan dan gotong royong serta kekompakan warga Desa Cibening.

"Semoga di tahun yang baru ini kehidupan dan ibadah kita bisa lebih baik dari sebelumnya,dan ini juga mencerminkan kebersamaan, kegotong royongan serta kekompakan warga masyarakat" pungkasnya


(AS)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.