Media Purwakarta
Live
wb_sunny

Breaking News

Hari Diabetes Sedunia: Cegah Diabetes Melitus Dengan Cara Ini

Hari Diabetes Sedunia: Cegah Diabetes Melitus Dengan Cara Ini


MediaPurwakarta.com | Purwakarta - Diabetes Melitus dianggap sebagai penyebab kematian dari beberapa juta orang di dunia namun penyakit ini bukanlah penyebab utama, yang menjadi penyebab utamanya justru komplikasi penyakit yang mengikutinya. Sedangkan Diabetes Melitus sendiri menempati posisi 4 besar penyakit berbahaya setelah serangan jantung, HIV, dan TBC.

Penyakit ini umumnya dipicu oleh pola hidup yang kurang sehat. Mulai dari pola makan, pola tidur, maupun pola hidup yang harus teratur, agar kita bisa terhindar dari bahaya penyakit ini.

Banyak orang yang tidak tahu cara menghindarinya. Untuk itu mari bersama-sama kita cegah diabetes melitus. Berikut ini langkah untuk menghindarkan diri dari penyakit membahayakan tersebut:

1. Hindari Setres
Stres dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit termasuk diabetes melitus salah satunya. Karena stres dapat memicu kenaikan kadar gula dalam darah.

Untuk menghindari stres ini Anda bisa melakukan yoga, teknik pernafasan, sampai menyalurkan hobi. Lakukan dan berpikirlah hal-hal positif, maka Anda akan terhindar dari stres.

2. Pola Makan Sehat
Pola makan sehat ini mencakup pola makan teratur dan diet seimbang dengan memperhatikan asupan bahan makanan yang sehat.

Dengan pola makan teratur maka Anda dapat memenuhi asupan nutrisi tubuh dengan baik. Terjadinya malnutrisi dapat membuat tubuh Anda rentan terhadap berbagai serangan penyakit sekaligus dapat mengganggu fungsi dan keseimbangan dalam tubuh.

Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji yang umumnya rendah kalori dan tinggi kadar lemaknya. Hindari juga makanan instan karena banyak terkandung bahan kimia yang bisa secara perlahan-lahan merusak fungsi sel-sel dalam tubuh. Dan juga hindari konsumsi garam berlebih agar Anda terhindar dari tekanan darah tinggi dan untuk melindungi ginjal

3. Jangan Bergadang
Kurang tidur dapat memacu kenaikan kadar gula darah dan akan menstimulasi Anda untuk mengkonsumsi makanan-makanan berkarbohidrat tinggi. Hal ini juga akan memicu penambahan berat badan yang dapat berakibat fatal pada kesehatan jantung dan ginjal.

Kebutuhan tidur kita antara 7-8 jam. Jika Anda merasa memiliki gangguan tidur atau insomnia, cobalah berkonsultasi dengan Dokter Anda.

4. Kenali Diabetes
Diabetes Melitus biasanya ditandai dengan gejala-gejala berikut:
- Sering buang air kecil
- Sering merasa haus
- Sering merasa lapar meskipun barusan makan
Jadi kenalilah tanda-tandanya sehingga Anda bisa mewaspadainya.

5. Olahraga
Olahraga secara teratur selama 30 menit per hari, tidak harus olahraga berat. Misalnya Anda bisa melakukannya sambil beraktivitas, jalan-jalan mondar-mandir sambil bertelpon; naik turun tangga saat akan ke toilet; berjalan kaki atau bersepeda santai menuju tempat kerja dan semacamnya.

Olahraga terbukti efektif menghindarkan kita dari serangan penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan juga menghindari stres.

6. Berat Badan Ideal
Jaga berat badan ideal Anda jangan sampai berlebihan karena rentan terserang diabetes melitus. Jika Anda sudah terlanjur overweight, tetapkan tujuan Anda untuk mencapai berat badan ideal, karena hal ini ternyata dapat menghindarkan Anda dari komplikasi diabetes melitus.

Prinsipnya, bakarlah kalori lebih banyak dari kalori yang telah Anda konsumis. Hindari makan gorengan.


Oleh: Abdul Kohar

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.