Media Purwakarta
Live
wb_sunny

Breaking News

Monev Banprov DPMD Kabupaten Purwakarta ke Desa di Kecamatan Babakancikao

Monev Banprov DPMD Kabupaten Purwakarta ke Desa di Kecamatan Babakancikao

Pemeriksaan Pembinaan Kelengkapan Administrasi Keuangan Dana Bantuan Provinsi ( Banprov) desa se-Kecamatan Babakancikao
MediaPurwakarta.com | Babakancikao - Kecamatan Babakancikao mengapresiasi dan menyambut sekali kegiatan Monev yang dilakukan oleh Pemkab dalam hal ini DPMD Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (26/11/2019)

Tujuan Monitoring dan Evaluasi (Monev) realisasi penggunaan dana Bantuan Provinsi (Banprov) ini dimaksud agar segala kegiatan pekerjaan sesuai dengan pengajuan dan tepat sasaran serta sebagai dasar verifikasi pengajuan dalam percepatan penyerapan dana anggaran di tahun selanjutnya.

Dan kegiatan ini merupakan kegiatan reguler bersifat pembinaan kepada desa-desa se-Kecamatan Babakancikao.

Menurut Asep Sukandar,S.Sos Kasi PMD Kecamatan Babakancikao mewakili kecamatan, pembinaan yang dilakukan di wilayahnya ini merupakan agenda kegiatan rutin sesuai dengan Peraturan tentang struktur organisasi dan tata kerja DPMD Kabupaten.

"Monev penting dilakukan tujuannya untuk melihat langsung administrasi serta pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat yang ada di desa" ujar Asep

Sehingga, pihaknya dapat mengetahui data dan kendala apa saja yang dihadapi di desa dalam pengelolaan dana transfer untuk kemudian sebagai bahan pada saat pembinaan serta sebagai evaluasi untuk dasar verifikasi pengajuan pencairan nanti tahun berikutnya

Dengan pemeriksaan ini, diharapkan akan memberikan dampak positif serta nilai edukasi bagi pemerintah desa khususnya dalam penanganan masalah pengelolaan keuangan pembangunan di desa.

“Kita mau lihat kelengkapan administrasinya dan kondisi riil pengerjaan di lapangan dari dana transfer tahun ini. Saya berharap dana tersebut dikelola dengan baik oleh pemerintah desa secara bertanggungjawab,” katanya.

Lebih jauh menurut Asep Sukandar,S.Sos menjelaskan kegiatan Tim monev di wilayahnya lebih menitik beratkan pada presentase unsur pembinaanya lebih besar ketimbang pemeriksaan atau pengawasan.

Menurutnya pembinaan yang dilakukan di wilayahnya merupakan agenda kegiatan rutin sesuai dengan Peraturan tentang struktur organisasi dan tata kerja DPMD. dana desa secara tertib dalam administrasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan penggunaan realisasi dan pelaporan pertanggung jawabannya harus benar sesuai aturan.
 

Pemeriksaan Fisik Hasil Realisasi Kegiatan Pembangunan Banprov
Tim Monev DPMD ini terdiri empat orang dan dilaksanaan kepada 9 desa secara kelengkapan administrasi dan 3 desa sample untuk fisik, yaitu Desa Kadumekar, Maracang dan Ciwareng.

Pihaknya pun mengaku bangga, dari hasil laporan Tim Monev DPMD Kabupaten Purwakarta yang menyatakan realisasi anggaran desa sesuai dengan pengajuan dan APBDes 2019 yang telah diundangkan

“Semoga kehadiran mereka akan bermanfaat serta jadi perhatian bagi para pemerintah desa, untuk bisa membantu secara preventif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dana," ujar Asep.

(Ali)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.