Begini Cara Deteksi Busi Sejak Dini Sebelum Mati

Begini Cara Deteksi Busi Sejak Dini Sebelum Mati


Monday, November 02, 2020

Busi motor
MediaPurwakarta.com | Saat berkendara motor kerap kita mengalami mogok yang disebabkan oleh busi yang tidak terawat yang mengakibatkan tidak jalanya pengapian. Perlu diketahui, busi sendiri sebagai komponen dari pengapian memang perlu perawatan khusus. 

Meski begitu, kompenen ini tetap memiliki usia pakai yang harus diperhatikan, karena bila terlambat menggantinya bisa merepotkan saat di jalan. Untuk itu para pengguna sepeda motor misalnya, sudah wajib mengetahui ciri dari busi yang akan tutup usia alias mati. 

Ade seorang pemilik Bengkel Motor mengatakan, meski kerap dibersihkan tidak menjadi jaminan umur busi bisa bertahan lebih lama.

“Ketika busi akan mati biasanya ditandai oleh beberapa gejala, jadi pengguna motor sudah bisa mendeteksi tanpa harus membuka untuk melihat kondisinya. Mulai dari motor yang susah hidup ketika distarter, sering mogok, tenaga yang berkurang, sampai bahan bakar yang boros,” ujar Ade.

Kalau sudah mengalami gejala ini, pemilik motor harus segera mengantisipasi dengan mengganti busi baru. Bila nekat dipertahankan minimal harus siaga membawa busi cadangan di motor.

“Untuk gejala busi matik memang berbeda-beda, tapi paling banyak bisa dirasakan mulai dari motor yang sering mogok dan tenaga yang berkurang,” kata Ade. 

Menurutnya ini lantaran komponen busi sudah mulai melemah untuk mengantarkan percikan api ke ruang bakar.

"Akibatnya pengapian pun tidak akan berjalan sempurna dan menimbulkan pemborosan," pungkasnya.(red)