Petugas Gelar Operasi Yustisi, 20 Warga Purwakarta Diberikan Sangsi

Petugas Gelar Operasi Yustisi, 20 Warga Purwakarta Diberikan Sangsi


Monday, November 16, 2020

Petugas saat melakukan operasi yustisi di sekitar Perum Griya Ciwangi
MediaPurwakarta.com | Sekitar 20 warga di Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terjaring operasi yustisi di sekitar Perum Griya CiwangiSenin (16/11/2020).

Operasi yustisi tersebut melibatkan, petugas Satpol PP Purwakarta, Muspika Bungursari, Pemerintah Desa, dan anggota TNI-Polri.

Berdasarkan infrormasi, dua wilayah Bungursari ini termasuk ke wilayah yang tertinggi dalam penyebaran COVID-19, sehingga Desa Cibening dan Desa Ciwangi di katagorikan wilayah pembatasan Sosial Bersekala Mikro (PSBM) di daerah Kabupaten Purwakarta.

Menurut Irfan Hakim, Kabid Sumber Daya Aparatur (SDA) SATPOL-PP Kabupaten Purwakarta, PSBM, ini sesuai dengan Perbub: 188.4.45/Kep.575-Huk/2020. Tentang Perpanjangan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) Di Beberapa Kelurahan/Desa Pada Beberapa Kecamatan Di Wilayah Kabupaten Purwakarta Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Kabupaten Purwakarta.

"Jadi dari tanggal 10-23 November ini, sesuai dengan Peraturan yang ada, apabila ada warga yang terjaring operasi, maka orang tersebut akan kami data sesuai dengan identitasnya.

Irfan menjelasakan, apabila dia (warga tersebut) terjaring lagi, dengan pelanggaran serupa, maka tentunya harus diberikan sangsi peningkatan, hingga ke sangsi denda administrasi," ujar Irfan, pada saat operasi yustisi di sekitar Perum Griya Ciwangi.

"Ke 20 orang tersebut, mereka diberikan sangsi tertulis ada 10 orang, satu diantaranya diberikan sangsi lisan. Sementara itu 9 warga lainnya mendapatkan sangsi sosial, jadi jumlahnya 20 orang," sebutnya Irfan.

Sementara itu Penjabat Kepala Desa Ciwangi Kecamatan Bungursari menyebutkan bahwa warga yang kena operasi yustisi ini merupakan warga diluar desanya.

"Kebanyakan warga di Desa Ciwangi, sudah sadar diri dan disiplin.Mereka apabila keluar rumah untuk melakukan aktivitas, menggunakan masker, kebanyakan yang tidak disiplin diri itu adalah warga dari luar Ciwangi," ujar Wiwi Suherwin Pj Kades Ciwangi.

Menurutnya, sedikitnya 7 orang warga di desa ini di kabarkan positif COVID-19, namun dari jumlah tersebut 1 orang sudah dinyatakan sembuh.

"Dari 7 orang warga Ciwangi, kabarnya 1 orang sembuh dari COVID-19, dan kabarnya ada. penambahan jumlah yang positif COVID-19, sedikitnya dua orang. Namun itu masih di konfirmasi kebenarannya," pungkas Wiwin. (MP/YB)