Wajib Tahu, Inilah 3 Tips Pilih Moda Transportasi untuk Liburan Saat Pandemi

Wajib Tahu, Inilah 3 Tips Pilih Moda Transportasi untuk Liburan Saat Pandemi


Sunday, November 01, 2020

Naik kendaraan (Foto: Aiko)
MediaPurwakarta.com | Di masa pandemi Covid-19 segala kegiatan apapun mulai terganngu. Seperti halnya aktivitas wisata sedikit demi sedikit mengalami perubahan, mulai dari cara bepergian hingga cara berkunjung ke destinasi wisata. 

Namun ada satu hal yang dibutuhkan oleh wisatawan untuk menunjang aktivitas wisata atau traveling adalah transportasi. Begitupun saat ini orang masih khawatir untuk naik transportasi umum, seperti kereta api, pesawat, atau kapal.

Lalu, bagaimana memilih transportasi yang aman saat pandemi? ada beberapa cara agar orang bepergian naik mobil pribadi atau sewa jika ingin berlibur di masa pandemi. 

1. Naik mobil pribadi Jika punya mobil pribadi 

Agar orang menggunakannya saat bepergian ke luar rumah. Mobil pribadi dianggap jauh lebih aman daripada moda transportasi umum lainnya di masa pandemi.

Bukan tanpa alasan, moda transportasi umum dinilai memungkinkan banyak orang di dalam satu tempat. Banyaknya orang dalam satu tempat dapat menimbulkan kerumunan dan berpotensi menyebarkan virus.

Oleh karena itu, jika memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa mengajak serta keluargamu untuk berlibur tanpa rasa khawatir. Pergi bersama keluarga satu rumah menggunakan mobil merupakan cara paling aman untuk berwisata di masa pandemi. 

2. Sewa mobil 

Lalu, apakah orang yang tidak memiliki mobil artinya tidak bisa berlibur? Tenang saja, jika kamu satu keluarga di rumah ada empat orang, kamu tetap bisa menyewa mobil. Jasa sewa mobil saat ini tengah ramai menjadi pilihan orang untuk menunjang mobilisasi, salah satunya pergi liburan.

Alat transportasi mobil dinilai lebih aman karena muatannya yang tak banyak. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa orang yang berada di dalam mobil adalah keluarga satu rumahmu.

Harga sewa mobil berbeda tergantung periode waktu penyewaan. Ada yang 12 jam, bahkan ada yang dapat disewa seharian penuh. Keunggulan mobil juga dapat langsung kamu bawa sendiri dan menentukan tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi, tanpa harus menunggu transportasi umum datang di halte, terminal, bandara, atau stasiun. 
 
Angkutan umum yang menerapkan protokol kesehatan (foto: istimewa)
3. Pilih transportasi umum yang terapkan protokol kesehatan ketat 

Boleh saja berwisata naik transportasi umum. Namun, pastikan moda transportasi umum itu sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Selain itu, tentunya kamu juga harus memastikan diri untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan. Kamu harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau membawa hand sanitizer.