Xiaomi Duduki Peringkat Ketiga Pasar HP Global Q3 2020, Posisi Geser Apple

Xiaomi Duduki Peringkat Ketiga Pasar HP Global Q3 2020, Posisi Geser Apple


Sunday, November 01, 2020


MediaPurwakarta.com |
Xiaomi sukses menggusur Apple pada kuartal 3 2020 dalam daftar merek smartphone yang mendominasi pasar HP global.

Berdasarkan Counterpoint Research, firma riset pasar ini memberikan laporan pasar HP global pada Q3 2020 yang menempatkan Samsung di peringkat pertama dalam pengiriman HP dari pabrik.

Samsung menguasai 22 persen pasar HP global dengan 79,8 juta unit yang dikirimkan. Terjadi peningkatan 2 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019.

Disusul Huawei di peringkat kedua dengan 14 persen pangsa pasar, berkat pengiriman 50,9 juta unit dari pabrikan. Angka ini terjadi penurunan 24 persen dibanding tahun lalu.

Xiaomi menduduki peringkat ketiga dengan menguasai 13 persen market share. Perusahaan asal China ini berhasil mengirimkan 46,2 juta unit dengan peningkatan 75 persen dari tahun lalu.

Menurut Counterpoint Research, Apple masih mengalami penurunan untuk Q3 2020. Yakni cuma mendapatkan 11 persen pasar HP global, dengan 41,7 juta unit.

Kemudian disusul Oppo dengan market share 8 persen, Vivo 8 persen, kemudian ada Realme 4 persen. Baru ada Lenovo, LG, dan Techno menyusul di bawahnya.

Data ini juga didukung oleh laporan pangsa pasar HP global dari IDC yang menempatkan Samsung di posisi pertama. Sedangkan Huawei meski mengalami penurunan masih berada di posisi kedua.

Hebatnya, IDC juga menempatkan Xiaomi di posisi ketiga menggusur Apple yang masih mengalami penurunan pada kuartal ketiga 2020 ini.

Sama seperti Counterpoint Research, IDC juga melaporkan terjadi peningkatan pada pengiriman HP Xiaomi sejak kuartal kedua 2020. Hingga akhirnya sukses menggusur Apple.

Selain kesuksesan Xiaomi, Realme juga menarik untuk disimak pada Q3 2020 ini. Karena sukses menjadi pabrikan dengan peningkatan yang sangat signifikan.

Realme sukses mendapatkan peningkatan 45 persen jika dibandingkan dengan Q3 2019, dan mengalami lonjakan 132 persen jika dibandingkan Q2 2020.

Sejak awal memang sub-brand Oppo ini diprediksi jadi kuda hitam yang akan menggoyan tatanan pasar HP global. Karena terus mengalami lonjakan dari periode ke periode.

Itulah laporan terbaru pasar HP global dari Counterpoint Research dan IDC, yang menempatkan Xiaomi di peringkat ketiga menggusur Apple. Dan Samsung disusul Huawei berada di puncak.