Pemkab Purwakarta Gelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 20 Puskesmas


Mediapurwakarta.com
- Mengingat tahap vaksinasi lansia, tingkat partisipasinya masih rendah. Pemkab Purwakarta, menggelar gebyar vaksinasi Covid-19 dengan sasaran lansia di 20 Puskesmas di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan, gebyar vaksinasi lansia ini, merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Lanjut Usia Nasional. Sehingga, vaksinasi ini dilaksanakan di 20 puskesmas yang ada.

"Targetnya, 2.000 lansia akan kita vaksinasi dalam beberapa hari kedepan," ujar Ambu Anne, pada Gebyar Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia di halaman Kantor Kecamatan Pasawahan, Kamis 3 Juni 2021.

Menurutnya, gebyar vaksinasi lansia ini, mengingat pada tahap ketiga dengan sasaran para lansia, angka partisipasinya sangat rendah. Untuk dosis pertama hanya 2,05 persen. Sedangkan, dosis kedua hanya 1,75 persen.

"Mudah-mudahan, pada gebyar vaksinasi ini, angka partisipasinya meningkat tajam," ujar Anne.

Selain itu, pihaknya juga mengeluarkan program sauyunan. Program ini, salah satunya untuk mengintervensi para lansia, supaya mau divaksinasi.

Program ini, menjadi pemeriksaan dasar lansia yang terintegrasi dengan beberapa kegiatan. Yaitu dengan kegiatan posbindu, kegiatan bina lansia dan kegiatan pengajian di 40 majelis ta'lim.

Khusus majelis ta'lim ini, akan dibentuk dengan pembentukan posbindu di masing-masing wilayah. Diharapkan upaya ini dapat menjadikan para lansia di Kabupaten Purwakarta lebih sehat, lebih produktif dan lebih bahagia. (*)