Pemkab Purwakarta Targetkan Vakinasi Dua Ribu Lansia dan Usia Produktif


Mediapurwakarta.com
- Dengan difasilitasi oleh Kepala OPD Camat, Kades dan Lurah yang memobilisasi masa lansia dengan melakukan antar jemput menggunakan kendaraan dinas, Pemkab Purwakarta menargetkan sebanyak 2.000 lansia dapat divaksin.

"Mudah-mudahan bisa mencapai target sebanyak dua ribu lansia, sementara untuk yang satu ribunya untuk usia mulai 18 tahun kita berkolaborasi dengan serikat pekerja melalui Disnakertrans," ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat memantau proses vaksinasi massal di GOR Purnawarman, Rabu 23 Juni 2021.

Menurutnya, rata-rata usia produktif di Kabupaten Purwakarta banyak terdapat di kawasan industri. Hal itu juga menjadi upaya Pemkab karena di wilayah tersebut terdapat kluster industri. 

"Paling banyak, klaster industri suspeknya, kemudian juga kontak erat, penularan di keluarga. Untuk angka Covid-19 sendiri sampe angka seribu, tetapi angka itu adalah dampak dari tracing yang memang masif dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan," kata Ambu Anne.

Penanganannya, lanjut Anne, setiap ada yang langsung tracing keluarga dan kontak erat ke lingkungan kerjanya terutama, yang dekat dengan yang terkonfirmasi positif. Jadi tracing betul-betul sangat banyak, sampai hari ini dinas juga terus melakukan tracing.

"Angka seribu akumulasi kurang lebih selama dua minggu, memang kita sedang bersusaha meningktkan angka kesembuhan. Karena angka kesembuhan kita agak lambat mereka itu harus juga kita dorong agar imunitasnya bisa terus meningkat. Sejauh ini perbandingan yang sembuh dan sakit tidak seimbang. Kesembuhan kita tergolong lambat, tentu ini menjadi PR kita akan evaluasi. Artinya obat-obatan itu harus didrop ke tiap-tiap kelurahan dan desa," demikian Ambu Anne.