Smartphone Kalian Apakah Perlu Diganti yang Baru? Berikut 4 Tanda Kerusakannya


Mediapurwakarta.com
- Sudah jadi lumrah, saat ini smartphone menjadi kebutuhan untuk berkomunikasi, transaksi, bermain game, penyimpanan data, berkonten, dan yang lainnya.

Bahkan dengan kemajuan teknologi, di setiap smartphone sudah dibekali dengan spesifikasi terbaik yang diusung oleh produsennya.

Lama-kelamaan, Smartphone yang Kalian gunakan mungkin mengalami gangguan, seperti halnya batrai ngedrop hingga layar yang bermasalah.

Meskipun Kalian telah mencoba memperbaikinya di tempat service, namun gangguan pada ponsel masih terus terjadi. Pastinya Kalian berpikir untuk mengganti dengan ponsel baru.

Ini menjadi pilihan pada diri Kalian, apakah akan menggunakan ponsel yang lama atau akan membeli ponsel yang baru.

Namun setidaknya Kalian perlu memperhatikan tanda-tanda ponsel Anda harus diganti, berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sering Restart atau Mati Sendiri

Yang pertama gejala pada ponsel Kalian minta diganti ke yang lebih baru adalah sering terjadi restart mendadak atau mati dengan sendirinya.

Padahal, baterai ponsel masih dalam keadaan penuh seperti di atas 20 persen atau Kalian tidak memencet tombol apapun.

Bila sering mengalami seperti ini, ada dua opsi yang bisa Kalian ambil, mengganti baterai, atau mengganti ponsel?

2. Sering Gangguan pada Layar

Layar adalah suatu komponen penting dalam ponsel pintar. Akan tetapi di samping itu, layar juga paling rentan dan mudah rusak.

Salah satunya tanda-tandanya adalah layar mulai menunjukkan garis vertikal atau titik hitam yang cukup mengganggu. Hal itu membuat Kalian tidak nyaman saat menggunakan ponsel.

Lalu kemudian, tanda lain yang sering ditemui oleh Kalian adalah layar sentuh menjadi kurang responsif atau lambat merespon, bahkan tidak bisa ditekan tombol sekalipun.

3. Baterai Sering Ngedrop

Ponsel akan menyala berdasarkan masukan sumberdaya dari baterai. Baterai juga merupakan komponen penting pada ponsel yang mempengaruhi kinerjanya secara keseluruhan.

Jika baterai ini terganggu, maka aktivitas Kalian dalam menggunakan ponsel pun jadi tidak optimal. Apalagi jika masa pakai baterai sangat buruk sehingga ponsel tak mampu bertahan selama setengah hari.

Namun jika kondisi ini sudah membuat Kalian sangat jengkel, sebaiknya Kalian memilih ponsel baru yang kapasitas baterainya besar.

Untuk saat ini, banyak sekali ponsel yang telah dibekali kapasitas sebesar 5.000 - 6.000 mAh, sehingga ponsel akan tahan lama.

4. Aplikasi Sering Berhenti

Pernahkah Kalian sedang mengerjakan sesuatu di satu aplikasi lalu ponsel tiba-tiba berhenti atau nge-freez?

Jika jawaban Kalian sering, itu adalah tanda ponsel Anda sedang dalam masalah. Entah itu pada sistem operasi, masalah pada aplikasi, atau ponsel Anda secara keseluruhan.

Tetapi jika hal ini sering terjadi dan kinerja ponsel menjadi sangat lambat hingga mengganggu aktivitas Anda menggunakan ponsel, maka itu adalah tanda Anda harus mengganti ke yang baru.