Kerja Bakti Bersama, Langkah Polisi Cibatu Mendekatkan Diri pada Masyarakat

Giat gotong royong Bhabinkamtibmas Polsek Cibatu, Polres Purwakarta bersama warga

Mediapurwakarta.com
- Tugas kepolisian tidak hanya terkait dengan penegakan hukum, tetapi juga membantu meringankan beban masyarakat.

Sebagai contoh, Bhabinkamtibmas Polsek Cibatu, Polres Purwakarta, terlibat dalam kegiatan gotong royong bersama warga.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Cibatu, AKP Teguh Sujito, mengungkapkan bahwa ini adalah upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Melalui partisipasi dalam gotong royong bersama warga desa yang mereka bina, terjalinlah keakraban dan kedekatan antara masyarakat dan anggota Polisi.

"Tidak hanya menjaga situasi kamtibmas, para Bhabinkamtibmas Polsek Cibatu juga terlibat dalam membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat, dengan melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama warga," ungkap Teguh pada Minggu, 28 Mei 2023.

Menurutnya, dengan terlibat secara aktif dalam kehidupan masyarakat, setiap Bhabinkamtibmas dapat lebih dekat dengan warga sehingga dapat membantu tugas kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Peran ini sangat penting bagi Polri, terutama dalam mempererat hubungan dan kedekatan antara anggota kepolisian dengan lingkungan masyarakat. Hal ini memudahkan komunikasi dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan aman di lingkungan masyarakat," jelas Teguh.

Ditambahkan oleh Kapolsek, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk memupuk budaya gotong royong di masyarakat yang saat ini mulai terlupakan. Selain itu, juga mengajak masyarakat untuk membiasakan dan menghidupkan kembali semangat gotong royong, karena dengan bekerja sama, pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

"Selain itu, setiap Bhabinkamtibmas juga diminta untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada warga," tambah Teguh.*