Polsek Bungursari Gelar Patroli Dialogis, Jaga Keamanan Masyarakat

Patroli Dialogis Polsek Bungursari

Mediapurwakarta.com
- Polres Purwakarta terus berupaya untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dengan melaksanakan Patroli Dialogis yang menarik perhatian. 

Langkah ini diambil guna meningkatkan kinerja Polri dan mengubah paradigma menjadi yang lebih Presisi, yaitu prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto, yang mewakili Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, menjelaskan bahwa patroli dialogis ini bukan hanya sekadar patroli biasa. 

"Melalui kegiatan ini, pesan-pesan kamtibmas disampaikan kepada masyarakat dengan harapan dapat menjaga keamanan dan menciptakan hubungan yang baik antara Polri dan masyarakat," ungakapnya, pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Dalam menjalankan patroli dialogis ini, Polsek Bungursari tidak hanya memantau keadaan warga, tetapi juga memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat. 

Upaya ini dilakukan guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman, dengan melibatkan peran serta aktif dari masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal mereka.

Selaras dengan arahan Kapolres Purwakarta, personel Polsek Bungursari melakukan patroli di jam-jam rawan guna mencegah berbagai kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), serta aksi premanisme dan genk motor.

"Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Bungursari. Patroli di jam-jam rawan ini merupakan langkah strategis dalam menjaga keamanan, sehingga masyarakat bisa tidur nyenyak. Kami mengedepankan tindakan preemtif dan preventif untuk memastikan keamanan yang optimal," tegas Budi.

Tak hanya itu, Budi juga mengingatkan masyarakat agar segera menghubungi Polisi terdekat atau bhabinkamtibmas jika menemui hal-hal yang mencurigakan. 

Ia menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam melaporkan peredaran miras dan narkoba, serta segala tindakan yang mengganggu kamtibmas, guna menjaga kenyamanan bersama.

Dengan adanya kegiatan patroli dialogis yang menarik ini, Polsek Bungursari berharap dapat menjalin kemitraan yang kuat antara Polri dan masyarakat. 

"Semoga upaya ini dapat terus memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Purwakarta," pungkasnya.*