Polsek Bungursari, Polres Purwakarta Berinovasi dengan Patroli Dialogis yang Menarik dan Berbeda

Petugas polisi Bungursari melakukan patroli ke tempat SPBU

Mediapurwakarta.com
- Upaya untuk membawa Polri lebih dekat dengan masyarakat terus dilakukan oleh Polsek Bungursari, Polres Purwakarta dengan melaksanakan patroli dialogis yang penuh inovasi.

Langkah ini diambil dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja Polri dan mengubah paradigma menjadi Polri yang Presisi, yaitu prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Dalam hal ini, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto menyampaikan bahwa patroli dialogis dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat dan memperkuat hubungan serta komunikasi yang baik.

"Patroli dialogis ini adalah kegiatan rutin yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan mereka masing-masing," ungkap Budi pada Kamis, 11 Mei 2023.

Budi menjelaskan bahwa patroli dialogis tidak hanya dilakukan untuk memantau warga, tetapi juga disertai dengan penyampaian himbauan kamtibmas kepada masyarakat agar tercipta situasi yang aman dan nyaman.

"Peran serta masyarakat sangat penting dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal mereka," jelas Budi.

Sebagaimana arahan Kapolres Purwakarta, personel Polsek Bungursari terus melakukan patroli pada jam-jam rawan untuk mencegah kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), aksi premanisme, dan aksi kejahatan terkait sepeda motor.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Bungursari. Patroli pada jam-jam rawan ini dilakukan sebagai langkah strategis dalam menjaga keamanan dan memberikan jaminan agar masyarakat dapat tidur nyenyak. Kami mengedepankan tindakan preemtif dan preventif," tegasnya.

Selain itu, Budi mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi Polisi terdekat atau bhabinkamtibmas jika menemui hal-hal mencurigakan yang perlu ditindaklanjuti.

"Dalam setiap pesan kamtibmas, kami selalu mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan orang lain dan melaporkan jika mengetahui adanya peredaran minuman keras, narkoba, atau aksi yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkapnya.