Polsek Cibatu Terus Tingkatkan Patroli KRYD, Ciptakan Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat

Polsek Cibatu giat patroli KRYD siang maupun malam

Mediapurwakarta.com
- Upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat terus dilakukan oleh jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Cibatu, Polres Purwakarta. 

Dalam hal ini, jajaran Polsek Cibatu telah meningkatkan intensitas kegiatan patroli, baik pada siang hari maupun malam hari.

Jajaran Polsek Cibatu telah menunjukkan konsistensi dan ketekunan dalam melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) yang terintegrasi dengan Operasi Bina Kusuma Lodaya 2023 untuk menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat.

AKBP Edwar Zulkarnain, Kapolres Purwakarta, menyampaikan melalui AKP Teguh Sujito, Kapolsek Cibatu, bahwa patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kondisi yang kondusif dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat di wilayah hukum Polsek Cibatu.

"Patroli ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan, untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban di tempat-tempat keramaian yang rawan, termasuk pemukiman penduduk, sesuai dengan arahan dari Kapolres Purwakarta," ungkap Teguh pada hari Minggu, 21 Mei 2023.

Dia menambahkan bahwa kegiatan patroli ini juga merupakan bentuk kehadiran Negara di tengah masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman di tempat-tempat keramaian di wilayah hukum Polsek Cibatu.

"Dalam kegiatan ini, Polri menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat, mendengarkan keluhan tentang situasi keamanan dan ketertiban dari masyarakat, serta melaksanakan Operasi Bina Kusuma Lodaya 2023," jelasnya.

Dari hasil kegiatan patroli ini, Teguh menjelaskan bahwa tidak ditemukan adanya gangguan yang signifikan terhadap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ia menekankan bahwa personel Polsek Cibatu, Polres Purwakarta akan terus meningkatkan kegiatan patroli keliling untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami akan melanjutkan patroli di setiap wilayah seperti sebelumnya, baik pada siang hari maupun malam hari. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap beberapa masalah yang meresahkan masyarakat, seperti kejahatan konvensional, termasuk pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), tindakan premanisme, dan aksi gang motor," ungkap Teguh.

Kapolsek menambahkan bahwa pihaknya tidak segan untuk memberikan tindakan tegas kepada para pelaku kejahatan dan individu yang melanggar hukum.

"Kami tidak akan ragu-ragu dalam memberikan tindakan tegas terhadap siapa pun yang meresahkan masyarakat Purwakarta, khususnya di Kecamatan Cibatu. Langkah ini diambil sebagai salah satu strategi untuk memberikan efek jera dan membatasi ruang gerak bagi mereka yang mencoba melakukan tindakan kejahatan di wilayah hukum Polsek Cibatu," tegas AKP Teguh Sujito.

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Polsek Cibatu bekerja sama dengan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. 

Selama patroli, petugas juga menggunakan kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan warga setempat, mendengarkan keluhan atau masalah yang mereka hadapi, serta memberikan saran dan arahan yang berguna dalam menjaga keamanan di sekitar mereka.

Tidak hanya itu, Polsek Cibatu juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti dinas keamanan dan pemerintah setempat, guna meningkatkan sinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut. 

Dengan adanya kerjasama yang baik antara aparat kepolisian dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih aman, bebas dari tindak kejahatan, dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi seluruh warga.

Pemerintah daerah juga memberikan dukungan penuh terhadap upaya kepolisian dalam menjaga keamanan masyarakat. Mereka memahami pentingnya keberadaan kepolisian dan upaya preventif yang dilakukan melalui patroli rutin. 

"Melalui program ini, diharapkan masyarakat semakin percaya dan berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar," ucapnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Polsek Cibatu juga berusaha menjaga profesionalisme dan mengedepankan hak asasi manusia. 

Polsek Cibatu berkomitmen untuk bertindak sesuai dengan hukum dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam memberikan pelayanan dan penegakan hukum kepada masyarakat.

Dengan kesungguhan dan dedikasi dari jajaran Polsek Cibatu, diharapkan wilayah hukum tersebut dapat terus menjadi contoh keberhasilan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Semoga upaya yang dilakukan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh warga, sehingga mereka dapat hidup dengan tenang, aman, dan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari," pungkasnya.***