Polsek Pasawahan Rutin Gelar 'Jumat Curhat' untuk Tingkatkan Pelayanan Kepolisian

Polsek Pasawahan dengar curhatan saran, kritikan, masukan, dan aduan warga

Mediapurwakarta.com
- Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, secara konsisten melaksanakan Kegiatan Jumat Curhat untuk mendengarkan curhatan, saran, kritikan, masukan, dan aduan warga terkait pelayanan kepolisian. 

Kegiatan ini dilakukan dengan santai, penuh keakraban, melalui dialog interaktif dengan masyarakat, yang memungkinkan mereka untuk berbagi curhatan terkait situasi kamtibmas.

Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, yang mewakili Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, mengatakan bahwa Kegiatan Jumat Curhat ini memungkinkan masyarakat memberikan saran dan kritik guna meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada mereka

"Program Jumat Curhat adalah salah satu cara Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta membina kemitraan dengan masyarakat. Melalui program ini, Polri dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritik, masukan, dan aduan terkait pelayanan kepolisian," ujar Ali pada Jumat, 26 Mei 2023.

Ali menjelaskan bahwa kegiatan ini sebenarnya telah dilakukan secara rutin oleh para Bhabinkamtibmas di wilayah Polsek Pasawahan. Namun, kali ini dipilih waktu yang tepat, yaitu hari Jumat, karena dipercaya membawa keberkahan.

"Jumat Curhat merupakan agenda rutin mingguan yang merupakan penjabaran dari program Quick Wins Presisi Polri serta kebijakan Kapolda Jabar dan Kapolres Purwakarta untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan semangat melayani dan melindungi," ungkap AKP Ali.

Menurut Kapolsek, Kegiatan Jumat Curhat ini menunjukkan bahwa masyarakat benar-benar merasa terlindungi, terayomi, dan terlayani dengan baik.

"Kami berdiskusi mengenai kamtibmas untuk mencari solusi yang tepat. Kami akan menerima semua saran, informasi, dan koreksi dari masyarakat. Pada kesempatan Jumat Curhat kali ini, kami juga akan menyampaikan mengenai Operasi Bina Kusuma Lodaya 2023," ucap Ali.

Dalam Operasi Bina Kusuma Lodaya 2023, Ali menjelaskan bahwa fokusnya adalah fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas), yang bertujuan sebagai pencegahan dan pembinaan, serta melibatkan fungsi Kepolisian lainnya.

Ali menambahkan bahwa operasi ini bertujuan menciptakan kondisi yang aman dan kondusif, sehingga masyarakat di wilayah Hukum Polsek Pasawahan merasa aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas.

"Operasi ini dilakukan untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan kenakalan remaja, kejahatan jalanan, premanisme, serta penyakit masyarakat," ucap Kapolsek.

Ali menyebut bahwa sosialisasi dan himbauan dilakukan agar masyarakat memahami dan bersama-sama dengan Polsek Pasawahan membantu memberantas penyakit masyarakat, narkoba, kenakalan remaja, dan premanisme guna menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif di wilayah Hukum Polsek Pasawahan.

"Kami juga telah menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi. Jika terdapat pengaduan terkait kamtibmas, pelayanan publik, tindakan pidana, bahkan masalah pribadi atau rumah tangga, atau kecelakaan lalu lintas, masyarakat dapat segera menghubungi nomor tersebut," ungkap AKP Ali Murtadho.*