Polsek Pasawahan Terus Tingkatkan Patroli Blue Light untuk Menciptakan Wilayah Aman dan Kondusif

Patroli blue light Polsek Pasawahan Purwakarta

Mediapurwakarta.com
- Upaya untuk menciptakan wilayah yang aman dan kondusif terus dilakukan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Pasawahan, Polres Purwakarta. Salah satu tindakan yang dilakukan secara konsisten dan intensif adalah patroli blue light.

Dalam melaksanakan kegiatan Operasi Bina Kusuma Lodaya 2023 di Wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Polsek Pasawahan secara terintegritas menjalankan patroli blue light sebagai upaya preventif Kepolisian.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, mengungkapkan bahwa peningkatan kegiatan patroli, baik siang maupun malam hari, terus dilakukan untuk memberikan rasa aman di wilayah hukum Polsek Pasawahan.

"Peningkatan kegiatan patroli sangat penting guna menjaga suasana kondusif di wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta," kata Ali pada Sabtu, 20 Mei 2023, petang.

Ali menjelaskan bahwa patroli blue light dilaksanakan pada jam-jam tertentu sebagai langkah antisipatif terhadap kejahatan konvensional, balapan liar, dan gang motor.

Selain itu, patroli blue light juga sejalan dengan Operasi Bina Waspada Lodaya 2023 di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap kenakalan remaja, kejahatan jalanan, premanisme, serta berbagai permasalahan sosial. Hal ini merupakan strategi Harkamtibmas yang penting sebagai upaya preemtif dan preventif dalam menjaga keamanan masyarakat agar mereka dapat tidur nyenyak," ujar Ali.

Selain itu, patroli malam juga diarahkan untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada pelanggar protokol kesehatan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Kami juga terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Patroli ini dilakukan dengan rute acak sebagai bukti kehadiran personel Polri di tengah-tengah masyarakat," jelas Ali.

Dengan adanya kegiatan patroli ini, diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan menghilangkan kekhawatiran bagi masyarakat yang sedang beraktivitas di malam hari atau sedang istirahat.

"Petugas patroli juga berdialog dengan warga yang ditemui untuk mengingatkan mereka agar tetap waspada dan melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker," tambah AKP Ali Murtadho.