Sambangi Pos Ronda, Polsek Pasawahan Sampaikan Pesan Kamtibmas ke Warga


Mediapurwakarta.com
- Personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta secara rutin melakukan sambang ke setiap pos ronda untuk mencegah aksi kriminalitas dan ancaman gangguan kamtibmas lainnya di wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho menyatakan bahwa kegiatan patroli sambang ke setiap pos kamling adalah bentuk apresiasi dan dukungan kepada warga masyarakat yang melakukan ronda. 

Kegiatan tersebut telah membantu tugas Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Kapolsek mengajak seluruh warga untuk menghidupkan kembali pos ronda yang ada di setiap kampung atau desa. Hal ini bertujuan untuk menjaga lingkungan agar aman dari orang-orang yang ingin melakukan kejahatan. 

"Pos ronda adalah salah satu cara untuk menjaga dan menghindari bahaya dari para rampok dan maling," ucap Ali, pada Sabtu (6/5/23).

Dengan aktifnya pos ronda, kata Ali, kinerja aparat keamanan akan terbantu dalam mengamankan kampung masing-masing. 

"Petugas akan memberikan pembinaan kepada warga yang sedang melakukan ronda malam, dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan pada saat melakukan ronda malam," kataya.

Ali juga menekankan bahwa warga tidak bisa hanya bergantung pada aparat kepolisian, karena daya jangkau anggota polisi sangat terbatas. 

Oleh karena itu, peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam mengoptimalkan pencegahan gangguan kamtibmas dengan mengaktifkan kembali ronda malam.

"Kerjasama seluruh masyarakat sangat dibutuhkan guna membantu pelaksanaan tugas kepolisian dan melaporkan secara cepat jika ada permasalahan yang terjadi," imbuhnya.

Ali menilai pos kamling sangat baik dalam menjaga keamanan dan kenyamanan warga, di samping warga juga harus bersama-sama menjaga harkamtibmas di wilayah masing-masing. 

"Polri akan selalu bersama-sama dengan masyarakat dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas," pungkasnya.***