Terbang ke Arab Saudi, 489 Petugas Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia

Pelepasan petugas haji Indonesia

Mediapurwakarta.com
- 489 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah diberangkatkan hari ini, Sabtu (20/5/2023). 

PPIH Arab Saudi tersebut terdiri dari 100 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Bandara, 248 petugas haji Daker Madinah, 12 petugas di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, dan 129 tenaga kesehatan.

Pelepasan petugas ini berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz dan Wibowo Prasetyo.

 Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar dan jajaran Eselon II Ditjen PHU Kemenag juga turut hadir.

Dirjen PHU Hilman Latief berharap kehadiran PPIH Arab Saudi dapat mendukung layanan haji Indonesia. 

"Para petugas adalah perwakilan bangsa Indonesia, berasal dari berbagai latar belakang. Oleh karena itu, kami mengharapkan Anda menjaga martabat dan nama baik Indonesia," kata Hilman.

"Ikuti tugas dengan baik, patuhi prosedur operasional standar, dan ikuti petunjuk dari instruktur atau koordinator dalam melaksanakan tugas Anda," tambahnya.

Pada musim haji 1444H/2023M, sekitar empat ribu petugas akan ditempatkan untuk memberikan pelayanan di Tanah Suci. Hilman menjelaskan bahwa para petugas berasal dari berbagai sektor. 

"Kehadiran PPIH Arab Saudi yang terdiri dari unsur pemerintah dan masyarakat sipil diharapkan dapat mendukung layanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia," ujarnya.

"Selamat melaksanakan tugas. Ingatlah bahwa tahun ini kita memiliki tagline Haji Ramah Lansia. Maka, berikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia," tegas Hilman.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily juga menyampaikan hal yang serupa. Baginya, para petugas haji adalah orang-orang yang dipilih untuk melayani tamu Allah.

"Manfaatkan kesempatan yang Anda dapatkan ini. Anda ditugaskan untuk melayani tamu Allah. Oleh karena itu, pesan kami adalah luruskan niat Anda untuk melayani jemaah," pesan Ace.

Operasional penyelenggaraan haji 1444H/2023M akan dimulai pada 24 Mei 2023. Pemberangkatan jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 akan berangkat dari Indonesia menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.*