Upaya Sinergis TNI-Polri di Bungursari dalam Membangun Keamanan dan Ketertiban di Purwakarta

Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kecamatan Bungursari

Mediapurwakarta.com
- Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta terus melaksanakan kegiatan sambang ke masyarakat secara bersama-sama. 

Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban serta memperkuat sinergitas antara TNI dan Polri di Kabupaten Purwakarta.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, bekerja sama dengan Babinsa Koramil 1907/Bungursari, Kodim 0619/Purwakarta terlihat kompak dalam memberikan imbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Desa yang menjadi tanggung jawab mereka.

Menurut Kompol H Budi Harto, Kapolsek Bungursari yang mewakili Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, kegiatan ini tidak hanya merupakan sinergi antara TNI dan Polri, tetapi juga merupakan wujud kehadiran pemerintah melalui sambang dan monitoring yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut.

"Babinsa tidak hanya bertugas menjaga keamanan wilayah binaan, tetapi juga terus membantu pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini," ujar Budi pada Selasa, 23 Mei 2023.

Lebih lanjut, Budi menyebut bahwa sinergitas TNI-Polri bersama masyarakat bertujuan untuk mempererat hubungan baik dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Kegiatan sambang ini rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh lainnya, serta warga masyarakat," kata Budi.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas dan Babinsa tidak hanya menyampaikan pesan dan himbauan terkait Kamtibmas, tetapi juga mengumpulkan informasi sekecil apapun yang berkaitan dengan wilayah binaan mereka.

"Selain terjalin hubungan yang baik antara warga masyarakat dengan Polri, anggota Bhabinkamtibmas juga akan segera mengetahui perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah desa binaan mereka," tutur Budi.

Budi menambahkan bahwa dalam kegiatan sambang Kamtibmas tersebut, para Bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan Kamtibmas dengan pendekatan yang humanis kepada masyarakat.

"Para Bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas dan saling berperan dalam rangka memelihara Kamtibmas, terutama dalam momen libur Lebaran seperti saat ini," ungkap Budi.*