Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Melindungi dan Mendekatkan Diri kepada Masyarakat Cibatu Purwakarta

Kegiatan sambang ke masyarakat TNI dan Polri di Kabupaten Purwakarta

Mediapurwakarta.com
- Guna menciptakan keamanan dan ketertiban serta memperkuat kerjasama antara TNI dan Polri di Kabupaten Purwakarta, kegiatan sambang ke masyarakat.

Giat tersebut secara bersama-sama terus dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Cibatu, Polres Purwakarta, dan Babinsa Koramil 1904/Campaka, Kodim 0619/Purwakarta.

Dalam kegiatan sambang tersebut, Bhabinkamtibmas dan Babinsa secara rutin menyampaikan pesan dan himbauan mengenai Kamtibmas kepada warga desa yang mereka bina.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Cibatu, AKP Teguh Sujito, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara TNI dan Polri yang juga menunjukkan kehadiran pemerintah melalui sambang dan monitoring yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut.

"Selain menjaga keamanan wilayah yang mereka bina, Babinsa juga tak henti-hentinya membantu pemerintah dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat guna memutus rantai penyebaran Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini," ucap 
Teguh, pada Kamis, 7 Juni 2023.

Kapolsek menjelaskan bahwa sinergi antara TNI dan Polri bersama warga bertujuan untuk mempererat hubungan yang baik dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Kegiatan sambang ini dilakukan secara rutin sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta tokoh lainnya dan warga masyarakat," ujar Teguh.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, selain menyampaikan pesan dan himbauan mengenai Kamtibmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga memiliki peran penting dalam mengumpulkan informasi sekecil apapun yang terjadi di wilayah yang mereka bina.

"Selain terjalinnya hubungan yang baik antara warga masyarakat dengan Polri, anggota Bhabinkamtibmas juga akan segera mengetahui perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah desa yang mereka bina," jelasnya.

Teguh menambahkan bahwa dalam kegiatan sambang Kamtibmas tersebut, para Bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan Kamtibmas dengan pendekatan yang humanis kepada masyarakat.

"Para Bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga Kamtibmas dan saling berperan dalam memelihara Kamtibmas, terutama pada saat libur Lebaran seperti saat ini," ungkap AKP Teguh Sujito.*