Budayakan Gotong Royong, Kegiatan Polsek Pasawahan Dukung Situasi Kamtibmas yang Kondusif

Bhabinkamtibmas Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta gotong royong bersama warga

Mediapurwakarta.com
- Peran kepolisian tidak hanya terbatas pada penegakan hukum, tetapi juga melibatkan upaya membantu meringankan beban masyarakat.

Salah satu contohnya terlihat dari kegiatan Bhabinkamtibmas Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta yang ikut serta dalam kegiatan gotong royong bersama warga.

AKBP Edwar Zulkarnain, Kapolres Purwakarta, menyampaikan melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, bahwa langkah ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. 

Dengan terlibat dalam kegiatan gotong royong bersama warga desa yang menjadi tanggung jawabnya, terciptalah ikatan keakraban dan kedekatan antara masyarakat dan anggota Polisi.

"Selain menjaga situasi kamtibmas, para Bhabinkamtibmas Polsek Pasawahan juga turut berkontribusi dalam membangun hubungan baik dengan masyarakat guna mewujudkan Polri yang humanis, di antaranya melalui partisipasi dalam kegiatan kerja bakti bersama warga," ungkap Ali pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Menurutnya, dengan terlibat aktif dalam kegiatan masyarakat, setiap bhabinkamtibmas dapat lebih dekat dengan masyarakat dan membantu tugas kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban.
 
Bhabinkamtibmas Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta gotong royong bersama warga

"Peran ini sangat penting bagi Polri, terutama dalam membangun kedekatan dan keakraban antara anggota polisi dengan lingkungan masyarakat. Hal ini memudahkan komunikasi dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan aman bagi masyarakat sekitar," jelas Ali.

Dalam tambahannya, Kapolsek menyebut kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk memperkuat budaya gotong royong dalam masyarakat yang saat ini semakin terabaikan. 

Ia juga mengajak masyarakat untuk membiasakan dan menghidupkan kembali nilai-nilai gotong royong, karena dengan gotong royong, pekerjaan dapat selesai dengan cepat.

"Selain itu, setiap Bhabinkamtibmas juga diberikan tugas untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada warga," tambah AKP Ali Murtadho.*