Gaktibplin Polres Purwakarta, Langkah Antisipatif Hadapi Pelanggaran Personil Polsek Cibatu

Personel Polsek Cibatu, Polres Purwakarta Gaktibplin

Mediapurwakarta.com
- Untuk menghindari plagiat, artikel ini telah diubah ke dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan kalimat dan ungkapan yang berbeda:

Dalam rangka mengantisipasi dan mengurangi pelanggaran dan penyimpangan yang mungkin dilakukan oleh personel Polsek Cibatu, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat mengadakan operasi penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) secara tiba-tiba pada hari Jumat, 9 Juni 2023.

Gaktibplin tersebut dipimpin oleh Kasi Propam, AKP Atik Sakton, dari Polres Purwakarta di Markas Polsek Cibatu.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Cibatu, AKP Teguh Sujito, menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan ini merupakan bagian dari Gaktibplin yang dilakukan oleh Polres Purwakarta, Polda Jabar, dengan tujuan memeriksa sikap, penampilan, dan kelengkapan dokumen pribadi anggota Polres Purwakarta.

"Pemeriksaan yang dilakukan oleh Polres Purwakarta, Polda Jabar, mencakup pengecekan dokumen pribadi seperti KTP, kartu anggota, SIM, STNK, baik saat berkendara maupun saat bertugas," ungkap Teguh.

Dia juga menambahkan bahwa tujuan dari pemeriksaan ini adalah agar setiap anggota dapat memulai dengan disiplin diri sendiri sebelum meminta hal serupa pada orang lain, sehingga mereka dapat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

"Tujuan dari Gaktibplin ini adalah untuk mencegah dan mengurangi pelanggaran dan penyimpangan yang dilakukan oleh anggota dalam menjalankan tugas mereka sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta penegak hukum," jelas Teguh.

Langkah ini diambil guna menciptakan anggota Polri yang taat hukum, serta untuk menghilangkan segala bentuk pelanggaran yang mungkin dilakukan oleh anggota Polri di Polsek Cibatu.*