Giat Polsek Pasawahan Rutin Lakukan Patroli Dialogis ke Masyarakat Kabupaten Purwakarta

Personel Polsek Pasawahan giat sambang warga

Mediapurwakarta.com
- Personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus melakukan patroli dialogis di seluruh wilayah sebagai upaya untuk memperkenalkan kehadiran Polri kepada masyarakat.

Tindakan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kinerja dan mengubah paradigma Polri menuju ke Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

Personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta melaksanakan patroli dialogis di Wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, menyatakan bahwa patroli dialogis ini dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat serta membangun hubungan tali silaturahmi dan komunikasi yang baik.

"Patroli dialogis ini merupakan kegiatan rutin dengan tujuan menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing," ujar Ali pada Minggu, 18 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa patroli dialogis ini dilakukan tidak hanya untuk memantau warga, tetapi juga untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan nyaman.

"Partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal mereka," jelasnya.

Seperti yang diarahkan oleh Kapolres Purwakarta, kata Ali, personel Polsek Pasawahan terus melakukan patroli pada jam-jam rawan untuk mencegah kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), aksi premanisme, dan kelompok motor.

"Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan. Kegiatan patroli pada jam-jam rawan ini dilakukan sebagai respons strategis untuk menjaga keamanan serta memberikan jaminan agar masyarakat dapat tidur nyenyak dengan melaksanakan tindakan pencegahan dan tindakan preventif," tegas mantan Kapolsek Cibatu itu.

Selain itu, Ali mengingatkan masyarakat bahwa jika mereka menemui hal-hal yang mencurigakan, mereka dapat menghubungi polisi terdekat atau bhabinkamtibmas agar dapat ditindaklanjuti segera.

"Dalam setiap pesan kamtibmas, kami selalu mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan orang lain dan melaporkan jika mengetahui adanya peredaran miras dan narkoba," ungkap AKP Ali Murtadho.*