Inovasi dan Dedikasi Polsek Plered dalam Mewujudkan Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat

Patroli KRYD Polsek Plered, Polres Purwakarta

Mediapurwakarta.com
- Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, terus berupaya mewujudkan Polri yang inovatif, berdedikasi, dan berintegritas melalui pelaksanaan Patroli Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD), yang dilakukan secara rutin. 

Selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, patroli ini juga menjadi sarana untuk menyampaikan pesan harkamtibmas kepada seluruh masyarakat.

Dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan perlindungan kepada warga, Polsek Plered, Polres Purwakarta, melaksanakan patroli KRYD. 

Hal ini diungkapkan oleh Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, yang mewakili Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain. 

Tujuan utama dari patroli ini adalah untuk meningkatkan kondusifitas wilayah hukum Polsek Plered, Polres Purwakarta, sehingga masyarakat dapat merasa nyaman dan aman.

"Patroli ini merupakan bagian dari kegiatan preventif kami, yang bertujuan untuk memantau situasi keamanan di tempat-tempat ramai dan rawan terjadinya tindak kriminal, termasuk pemukiman penduduk. Hal ini merupakan arahan dari Kapolres Purwakarta," jelas Ali pada Jumat, 30 Juni 2023.

Ali menegaskan bahwa kegiatan patroli ini dilakukan untuk menunjukkan kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman di tempat-tempat keramaian yang berada di wilayah hukum Polsek Plered. 

Selama patroli dilakukan, anggota Polri juga menyampaikan pesan-pesan terkait keamanan dan ketertiban kepada masyarakat serta mendengarkan keluhan-keluhan yang berkaitan dengan situasi keamanan.

Dalam pelaksanaan KRYD ini, personel Polsek Plered, Polres Purwakarta, akan terus meningkatkan patroli keliling untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Seperti yang kami lakukan sebelumnya, kami akan melaksanakan patroli di setiap wilayah baik pada siang maupun malam hari," ungkap Ali.

"Hal ini merupakan langkah antisipatif untuk meredam kekhawatiran masyarakat terkait kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), serta aksi premanisme dan kegiatan kelompok motor," sambungnya.

Ali menambahkan bahwa pihaknya tidak ragu untuk memberikan tindakan tegas kepada pelaku kriminal dan individu yang melanggar hukum. 

"Kami tidak akan segan untuk memberikan tindakan tegas terhadap mereka yang mengancam keamanan masyarakat Purwakarta, terutama di Kecamatan Plered dan Tegalwaru. Tindakan ini bertujuan untuk memberikan efek jera dan membatasi ruang gerak bagi mereka yang berupaya melakukan tindak kejah

Kepada para pelaku kejahatan dan mereka yang mencoba melanggar hukum di wilayah hukum Polsek Plered, AKP Ali Murtadho dengan tegas menyatakan bahwa pihaknya tidak akan memberikan toleransi. Langkah-langkah tegas akan diambil guna melindungi masyarakat Purwakarta secara menyeluruh.

"Kami tidak ragu untuk memberikan tindakan tegas kepada mereka yang meresahkan masyarakat Purwakarta, terutama di Kecamatan Plered dan Tegalwaru. Tindakan ini kami lakukan sebagai salah satu upaya untuk memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan dan membatasi ruang gerak mereka di wilayah hukum Polsek Plered," tegas AKP Ali Murtadho

Dalam hal ini, pihak kepolisian tidak hanya melakukan tindakan reaktif terhadap kejahatan yang terjadi, tetapi juga berkomitmen untuk melakukan patroli preventif secara terus-menerus. 

Langkah ini diambil untuk mengurangi potensi terjadinya tindak kriminal di wilayah hukum Polsek Plered, Polres Purwakarta. Melalui patroli yang dilakukan oleh anggota Polsek Plered, masyarakat diharapkan dapat merasakan kehadiran dan perlindungan dari pihak kepolisian.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Ali Murtadho juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar. 

"Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa melaporkan segala bentuk kegiatan atau perilaku yang mencurigakan kepada pihak kepolisian. Dengan kerjasama yang baik antara polisi dan masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi kita semua," ungkap Ali.

Komitmen Polsek Plered, Polres Purwakarta dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat akan terus ditingkatkan. Polisi tidak hanya menjadi penegak hukum, tetapi juga mitra yang peduli dan berperan aktif dalam membangun kehidupan yang aman dan damai. 

Dengan adanya patroli KRYD yang dilakukan secara rutin, diharapkan situasi keamanan di wilayah hukum Polsek Plered dapat terus meningkat dan masyarakat dapat hidup dalam suasana yang tenteram dan tenterang.*