Jambore KORMI di Purwakarta, Upaya Membangkitkan Kembali Semangat Olahraga Masyarakat

Menpora Dito Ariotedjo resmikan acara Jambore KORMI

Mediapurwakarta.com
- Pada nama pemerintah pusat, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan yang sangat tinggi kepada Kabupaten Purwakarta, khususnya, dan Jawa Barat secara umum, atas berbagai acara olahraga yang telah diselenggarakan, baik dalam bidang olahraga prestasi maupun olahraga masyarakat.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, pada pembukaan Jambore Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) di Stadion Purnawarman Purwakarta, pada Jumat, 16 Juni 2023. Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil.

"Dalam minggu ini, saya merasa sangat senang karena ini adalah kedua kalinya saya mengunjungi Jawa Barat. Tiga hari yang lalu, saya hadir dalam kegiatan Pekan Olahraga Tradisional di Kabupaten Kuningan, yang dihadiri oleh hampir semua perwakilan provinsi di Indonesia. Dan hari ini, saya kembali ke wilayah Jawa Barat, khususnya Purwakarta yang sangat istimewa," ujar Dito.

Menurutnya, bulan depan akan diadakan acara skala nasional di Jawa Barat, yaitu Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) yang akan diselenggarakan di Bandung sebagai tuan rumah. 

"Ini menunjukkan bahwa Jawa Barat sangat aktif di bidang olahraga," kata Menpora.

Khusus untuk Purwakarta, Kemenpora mencatat berbagai acara olahraga yang telah diselenggarakan. Pada bulan Januari awal tahun ini, kejuaraan triathlon tingkat internasional diadakan di kawasan Jatiluhur.

"Kami juga mengapresiasi upaya pembenahan pembinaan atlet berprestasi melalui renovasi berbagai venue dan gedung olahraga, termasuk pusat olahraga Purwakarta," kata Dito.

Dito menambahkan bahwa hal ini tentu akan mendorong peningkatan prestasi olahraga di Purwakarta, baik di tingkat Jawa Barat maupun nasional. Kemenpora sangat mendukung acara hari ini karena olahraga, apapun jenisnya, jika dilakukan secara rutin, akan berdampak positif pada kesehatan, kebugaran, ekonomi, dan lainnya.

"Kebugaran dan kesehatan berpotensi mengurangi pengeluaran untuk BPJS. Dengan berolahraga secara rutin dan pola makan yang sehat, kita dapat melindungi diri dari potensi penyakit jantung, stroke, dan kolesterol tinggi. Perlu diingat bahwa pendekatan preventif melalui olahraga harus dikembangkan, lebih baik berinvestasi pada kesehatan daripada mengobati penyakit. Dengan demikian, masyarakat Indonesia akan menjadi lebih produktif dan kompetitif," kata Dito.

Menurutnya, kegiatan olahraga juga dapat mendorong pertumban ekonomi masyarakat, UMKM, serta sektor industri besar dan menengah. Event olahraga juga dapat memperkuat sektor pariwisata olahraga yang harus terus dikembangkan.

"Pada Fornas di Bandung nanti, kita berharap dapat menggerakkan ekonomi masyarakat Bandung dan Jawa Barat. Semakin tinggi partisipasi masyarakat dalam olahraga, semakin sehat dan bugar mereka. Semakin produktif masyarakat kita, dan semakin besar kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

"Termasuk dalam Jambore Olahraga Masyarakat Purwakarta ini, tentu akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sekali lagi, kami mengucapkan selamat kepada Purwakarta. Saya berharap kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahun atau menjadi bagian dari kalender rutin," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, dalam sambutannya mengatakan bahwa Jambore KORMI ini merupakan acara tahunan untuk memperingati hari jadi Kota dan Kabupaten Purwakarta.

"Melalui jambore KORMI, kami ingin menghidupkan kembali olahraga masyarakat di Kabupaten Purwakarta sehingga dapat melahirkan atlet-atlet unggulan dan juara. Tema yang diangkat tahun ini adalah 'Purwakarta Sehat, Indonesia Kuat'," kata Ambu Anne.

Selanjutnya, dalam rangka membangun olahraga, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan berbagai pihak telah beberapa kali mengadakan kegiatan olahraga masyarakat di tempat-tempat wisata, yang diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan perekonomian masyarakat, serta yang terpenting adalah menciptakan olahraga sebagai gaya hidup, terutama di kalangan generasi muda Purwakarta.

Bupati Anne juga menyebutkan bahwa Jambore ini diselenggarakan di Stadion Purnawarman, yang merupakan stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat Purwakarta. Stadion ini direvitalisasi melalui bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat yang telah mengalokasikan anggaran provinsi untuk pembangunan sarana dan prasarana olahraga, termasuk pada tahun ini anggaran tambahan diberikan untuk pembangunan tribun timur," ujar Ambu Anne.

"Pada kesempatan yang baik ini, kami juga berharap kepada Menpora agar dapat memberikan bantuan penambahan fasilitas stadion ini, seperti menyelesaikan tribun bagian utara dan selatan serta melengkapi lintasan atletik dan sarana pendukung lainnya, untuk perkembangan prestasi olahraga di Kabupaten Purwakarta," tambah Anne.*