Kapolsek Pasawahan: Giat Patroli Dialogis, Berupaya Memperkuat Hubungan dengan Masyarakat

Personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, melaksanakan patroli dialogis

Mediapurwakarta.com
- Tim Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, terus melakukan patroli dialogis di seluruh wilayah sebagai bagian dari upaya mendekatkan diri dengan masyarakat. 

Ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan mengubah pandangan menuju Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

Personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, melaksanakan patroli dialogis di Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta. 

Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, yang mewakili Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, menjelaskan bahwa patroli dialogis ini bertujuan untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat dan membangun hubungan yang baik serta komunikasi yang efektif.

"Kegiatan patroli dialogis ini dilakukan secara rutin dengan tujuan menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing," ucap Ali pada Selasa, 20 Juni 2023.

Ali menjelaskan bahwa selain memantau situasi warga, patroli dialogis juga disertai dengan penyampaian himbauan kamtibmas kepada masyarakat untuk menciptakan suasana kamtibmas yang aman dan nyaman.

"Partisipasi masyarakat sangat penting dalam upaya pemeliharaan kamtibmas di sekitar tempat tinggal mereka," jelasnya.

Ali menegaskan bahwa personel Polsek Pasawahan terus melakukan patroli pada jam-jam rawan guna mencegah kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), tindakan premanisme, dan tindakan kejahatan oleh kelompok motor.

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan. Kegiatan patroli pada jam-jam rawan ini dilakukan sebagai upaya strategis dalam menjaga keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif," tegas Ali, mantan Kapolsek Cibatu.

Selain itu, Ali mengingatkan masyarakat agar segera menghubungi Polisi terdekat atau bhabinkamtibmas jika menemui hal-hal yang mencurigakan agar segera ditindaklanjuti.

"Ketika menyampaikan pesan kamtibmas, kami selalu mengingatkan masyarakat agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain dan melaporkan apabila mengetahui adanya peredaran minuman keras dan narkoba," ungkap AKP Ali Murtadho.*