Kuatkan Kemitraan TNI-Polri, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Laksanakan Sambang Bersama

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Laksanakan Sambang Bersama

Mediapurwakarta.com
- Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, dan Babinsa terlihat kompak saat melakukan kunjungan ke masyarakat secara bersama-sama. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat kerjasama antara TNI dan Polri di Kabupaten Purwakarta.

Contohnya, Bhabinkamtibmas Desa Cibodas, Aiptu Ade Supriatno, dan Babinsa Desa Cibodas, Sertu Tatang Mulyana, dalam kunjungan rutin mereka, secara berkala menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas kepada warga desa yang mereka bina.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kerjasama antara TNI dan Polri serta menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir melalui kunjungan dan pemantauan yang dilakukan oleh TNI dan Polri.

"Babinsa tidak hanya menjaga keamanan di wilayah binaan, tetapi juga terus membantu pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memutus penyebaran Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini," ujar Budi pada Jumat, 9 Juni 2023.

Kapolsek menjelaskan bahwa dengan adanya kerjasama antara TNI dan Polri bersama masyarakat bertujuan untuk mempererat hubungan yang baik dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Kegiatan kunjungan ini dilakukan secara rutin sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada para tokoh, warga, dan masyarakat lainnya," tambahnya.

Selain menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga dapat mendapatkan informasi apa pun yang ada di wilayah binaan mereka.

"Selain menjalin hubungan baik antara warga dan Polri, anggota Bhabinkamtibmas juga akan segera mengetahui perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah desa binaan mereka," jelas Budi.

Kapolsek menambahkan bahwa dalam kunjungan Kamtibmas tersebut, para Bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan Kamtibmas secara manusiawi kepada masyarakat.

"Para Bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas dan saling berperan dalam memelihara Kamtibmas, terutama selama bulan Ramadhan ini," ungkap Budi.