Patroli Blue Light, Solusi Kepolisian untuk Menekan Tingkat Kejahatan di Wilayah Pasawahan

Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta secara konsisten dan intensif melaksanakan patroli blue light

Mediapurwakarta.com
- Untuk mewujudkan wilayah yang aman dan kondusif, Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, dan Polda Jawa Barat secara konsisten dan intensif melaksanakan patroli blue light.

Patroli blue light dilakukan oleh Polsek Pasawahan di Wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam sebagai langkah pencegahan dari Kepolisian.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, mengungkapkan bahwa mereka terus meningkatkan kegiatan patroli baik pada siang hari maupun malam hari guna memberikan rasa aman di wilayah hukum Polsek Pasawahan.

"Langkah ini penting untuk menjaga suasana kondusif di wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta," ujar Ali pada Sabtu, 17 Juni 2023, petang.

Ali menjelaskan bahwa patroli blue light dilakukan pada jam-jam tertentu sebagai langkah antisipasi terhadap kejahatan konvensional, balapan liar, dan tindakan kriminal yang melibatkan kendaraan bermotor.

Selain itu, patroli blue light juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan.

"Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan partisipasi masyarakat dalam mencegah kenakalan remaja, kejahatan jalanan, premanisme, dan masalah sosial. Ini juga merupakan langkah strategis dalam menjaga keamanan dan memastikan masyarakat bisa tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan pencegahan," ucap Ali.

Selain itu, Kapolsek juga menyebutkan bahwa patroli malam ini juga bertujuan untuk menegakkan protokol kesehatan dan memberikan edukasi kepada pelanggar prokes agar masyarakat memahami bahwa Covid-19 belum berakhir.

"Kita juga terus mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Patroli ini dilakukan secara acak untuk menunjukkan kehadiran personel Polri di tengah-tengah masyarakat," ungkap Ali.

Dengan adanya patroli ini, diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan menghilangkan kekhawatiran bagi masyarakat yang sedang beraktivitas atau beristirahat di malam hari.

"Petugas patroli juga berinteraksi dengan warga yang ditemui dan mengingatkan mereka untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker," tambah AKP Ali Murtadho.*