Polisi Gencar Gelar Patroli Blue Light di Pasawahan dan Pondoksalam untuk Menjaga Kondusifitas Wilayah

Patroli blue light Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat

Mediapurwakarta.com
- Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan wilayah yang aman dan kondusif. 

Salah satunya adalah melalui patroli blue light yang dilakukan secara konsisten dan intensif di seluruh wilayah Kecamatan Pasawahan dan Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta. 

Adapun tujuan dari patroli blue light tersebut adalah untuk memelihara situasi keamanan dan ketertiban.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, menjelaskan bahwa pihaknya terus meningkatkan kegiatan patroli baik siang maupun malam hari serta Operasi Bina Kusuma Lodaya 2023 untuk memberikan rasa aman di wilayah hukum Polsek Pasawahan. 

"Hal ini dilakukan guna menjamin keberlangsungan suasana kondusif di wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta," kata AKP Ali Murtadho, Kamis (1/6/23).

Menurut Kapolsek, patroli blue light merupakan bentuk pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat untuk memberikan rasa aman dan mencegah terjadinya kejahatan saat masyarakat sedang beristirahat atau beraktivitas. 

Terciptanya keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan merupakan prioritas utama sesuai dengan arahan Kapolres Purwakarta," ungkapnya.

Selain itu, patroli malam juga merupakan upaya untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di tengah pandemi Covid-19. 

Kegiatan patroli malam dilakukan sebagai strategi Harkamtibmas sekaligus jaminan keamanan agar masyarakat dapat tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif. 

"Selama patroli malam, petugas juga memberikan edukasi kepada pelanggar protokol kesehatan dan mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya.

Dengan adanya patroli ini, diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan menghilangkan rasa was-was bagi masyarakat yang sedang beraktivitas atau beristirahat di malam hari. 

"Petugas patroli juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan warga yang mereka temui dan mengingatkan mereka untuk tetap waspada serta melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker," pungkasnya.*