Polres Purwakarta dan DPPKB Gelar Pelayanan KB Gratis dalam Perayaan HUT Bhayangkara Ke-77


Mediapurwakarta.com
- Untuk meningkatkan pelayanan KB gratis kepada masyarakat, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat mengadakan pertemuan melalui zoom dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta.

Sebagaimana diketahui, pelayanan KB gratis kepada masyarakat merupakan program kerjasama antara Polres Purwakarta dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain menyatakan bahwa kegiatan ini diadakan dalam Bakti Kesehatan Bhayangkara KB-Kesehatan Kabupaten Purwakarta sebagai bagian dari perayaan HUT Bhayangkara ke-77, yang merupakan kolaborasi dengan Pemkab Purwakarta.

"Kegiatan layanan KB gratis ini akan diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah hukum Polres Purwakarta dalam Bhakti Kesehatan Polres Purwakarta dalam rangka perayaan HUT Bhayangkara ke-77, sebagai langkah untuk mendorong percepatan Program Keluarga Berencana (KB)," ucap Edwar pada Senin, 26 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa Bhakti Kesehatan Polres Purwakarta ini bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan kependudukan melalui pelayanan dan penyuluhan program KB guna meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat KB secara menyeluruh.

"Kegiatan yang akan diadakan pada Selasa, 4 Juli 2023, merupakan sinergi antara Polres Purwakarta dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Melalui kerja sama seperti ini, akan terus dihasilkan formula yang dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam membentuk keluarga yang berkualitas, sehat, dan sejahtera," ucap Edwar.

Di sisi lain, Kepala Bidang Keluarga Berencana (Kabid KB) DPPKB Kabupaten Purwakarta, Idi Junaedi menyambut baik rencana pelayanan KB gratis yang akan diadakan oleh Polres Purwakarta bekerja sama dengan DPPKB Kabupaten Purwakarta.

"Kegiatan layanan KB Gratis dalam rangka perayaan HUT Bhayangkara ke-77 ini akan menggunakan metode kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) seperti IUD dan Implan. Namun, jika masyarakat juga meminta pelayanan menggunakan alat kontrasepsi lain seperti pil, suntik, dan kondom, mereka tetap akan dilayani," ucap Idi.

Idi menambahkan bahwa dalam upaya meningkatkan partisipasi peserta KB menggunakan alat kontrasepsi MKJP, pihaknya terus melakukan berbagai inovasi, termasuk kerja sama dengan Polres Purwakarta.

"Kegiatan pelayanan KB gratis dalam perayaan HUT Bhayangkara ke-77 merupakan inovasi dan kolaborasi kami dalam memberikan kemudahan pelayanan KB kepada masyarakat," ucap Idi.*