Polsek Bungursari Terus Berupaya Dekat dengan Masyarakat Melalui Patroli Dialogis

Patroli dialogis Polsek Bungursari, Polres Purwakarta

Mediapurwakarta.com
- Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat melalui patroli dialogis guna memberikan rasa aman dan nyaman. 

Hal ini merupakan bagian dari tugas Kepolisian sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat serta untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif. 

Patroli dialogis secara rutin dan konsisten dilakukan oleh Polsek Bungursari di berbagai lokasi seperti permukiman, toko, dan pusat keramaian di Kecamatan Bungursari, Kabupaten.

Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto yang mewakili Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, mengungkapkan bahwa patroli dialogis ini bertujuan untuk mencegah kejahatan konvensional seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), aksi premanisme, dan genk motor.

"Kegiatan ini merupakan salah satu instruksi pimpinan dalam melaksanakan tugas Kepolisian dan menerapkan Program Quick Wins Presisi di lapangan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif," ujar Budi pada Jumat, 23 Juni 2023.

Dengan kegiatan ini, diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara anggota Polri dengan seluruh lapisan masyarakat.

"Patroli rutin ini dilaksanakan oleh Polsek Bungursari baik siang maupun malam, sesuai arahan Kapolres Purwakarta, guna mencegah terjadinya tindak kejahatan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Ini adalah upaya nyata Polri dalam melindungi, mengayomi, dan melayani," tambahnya.

Budi juga menjelaskan bahwa patroli kamtibmas rutin dilakukan di permukiman tersebut, baik siang maupun malam. Pihaknya juga mengingatkan kepada personel yang melakukan patroli untuk berkomunikasi dengan petugas satpam atau hansip yang ada di pemukiman, dan melakukan pengecekan ulang terhadap rumah-rumah dan lingkungan sekitar.

"Untuk mengingatkan masyarakat, saya sudah menekankan kepada anggota patroli agar mengingatkan warga yang berjaga malam untuk meningkatkan pengawasan lingkungan. Jika terjadi gangguan kamtibmas, segera hubungi piket Polsek Bungursari agar kami dapat segera menindaklanjuti," pesan Kompol H Budi Harto.