Polsek Pasawahan Sosialisasikan Kamtibmas Melalui Patroli Dialogis

Patroli dialogis Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta

Mediapurwakarta.com
- Patroli dialogis di seluruh wilayah terus dilakukan oleh personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, sebagai upaya untuk mendekatkan diri Polri dengan masyarakat. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dan mengubah paradigma Polri menuju ke Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

Personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, melaksanakan patroli dialogis di seluruh Wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, menjelaskan bahwa patroli dialogis ini dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat dan menjalin hubungan tali silaturahmi serta komunikasi yang baik.

"Patroli dialogis ini merupakan kegiatan rutin dengan tujuan untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungan mereka masing-masing," ucap Ali pada Senin, 19 Juni 2023.

Ali menjelaskan bahwa patroli dialogis ini tidak hanya untuk memantau warga, tetapi juga dilakukan dengan memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan nyaman.

"Peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggal mereka," jelasnya.

Seperti yang diarahkan oleh Kapolres Purwakarta, personel Polsek Pasawahan terus melakukan kegiatan patroli pada jam-jam rawan untuk mencegah kejahatan konvensional, seperti curat (pencurian dengan pemberatan), curas (pencurian dengan kekerasan), curanmor (pencurian kendaraan bermotor), aksi premanisme, dan genk motor.

"Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan. Patroli pada jam-jam rawan dilakukan sebagai upaya strategis dalam menjaga kamtibmas dan memberikan jaminan keamanan agar masyarakat dapat tidur nyenyak dengan melakukan tindakan preemtif dan preventif," tegas Ali, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Cibatu.

Ali juga mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi polisi terdekat atau bhabinkamtibmas jika menemui hal-hal yang mencurigakan yang perlu ditindaklanjuti.

"Dalam setiap pesan kamtibmas, kami selalu mengingatkan masyarakat agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya dan melaporkan jika mengetahui adanya peredaran miras dan narkoba," ungkap AKP Ali Murtadho.*