Sinergi TNI-Polri di Bungursari Perkuat Keamanan Masyarakat Purwakarta

Bhabinkamtibmas dan Babinsa ber kunjungan ke masyarakat bersama-sama

Mediapurwakarta.com
- Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, dan Babinsa terlihat kompak saat melakukan kunjungan ke masyarakat bersama-sama. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat sinergi antara TNI-Polri di Kabupaten Purwakarta.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Cibodas, Aiptu Ade Supriatno, dan Babinsa Desa Cibodas, Sertu Tatang Mulyana, dalam kunjungan rutin mereka, mereka secara berkala menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas kepada warga Desa yang mereka bina.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara TNI-Polri sekaligus sebagai upaya untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir melalui kunjungan dan pemantauan yang dilakukan oleh TNI dan Polri.

"Babinsa tidak hanya menjaga keamanan di wilayah binaan, tetapi juga secara tanpa henti membantu pemerintah dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini," kata Budi pada Selasa, 20 Juni 2023.

Kapolsek menyebutkan bahwa sinergi antara TNI-Polri dengan warga bertujuan untuk mempererat hubungan baik dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan secara rutin sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada para tokoh masyarakat, termasuk toga, tomas, toda, dan lainnya," tuturnya.

Selain menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga mengumpulkan informasi sekecil apapun yang ada di wilayah binaannya.

"Jadi selain terjalinnya hubungan yang baik antara warga masyarakat dengan Polri, anggota Bhabinkamtibmas juga akan segera mengetahui perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah desa binaannya," jelas Budi.

Kapolsek menambahkan bahwa dalam kunjungan Kamtibmas tersebut, para bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan Kamtibmas dengan sikap yang humanis kepada masyarakat.

"Para bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga Kamtibmas dan saling berperan dalam memelihara Kamtibmas," ungkap Budi.*