Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, Polsek Bungursari Giat Patroli Dialogis ke Setiap Wilayah

Patroli dialogis Polsek Bungursari, Polres Purwakarta ke masyarakat

Mediapurwakarta.com
- Dalam rangka mendekatkan Polri dengan masyarakat, Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, secara aktif melaksanakan Patroli Dialogis.

Langkah ini diambil untuk meningkatkan kinerja dan mengubah paradigma Polri menuju Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto, menyampaikan bahwa patroli dialogis ini bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat serta memperkuat hubungan dan komunikasi yang baik.

"Patroli dialogis ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungan sekitar mereka," ungkap Budi pada Kamis, 1 Juni 2023.

Budi menjelaskan bahwa patroli dialogis ini tidak hanya dilakukan untuk memantau warga, tetapi juga untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat agar tercipta suasana yang aman dan nyaman.

"Partisipasi masyarakat sangat penting dalam upaya menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggal mereka," jelas Budi.

Seperti yang diarahkan oleh Kapolres Purwakarta, personel Polsek Bungursari terus melakukan kegiatan patroli pada jam-jam rawan untuk mencegah kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), serta tindak premanisme dan kegiatan geng motor.

"Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Bungursari. Patroli pada jam-jam rawan dilakukan sebagai langkah strategis dalam menjaga ketertiban dan keamanan, sehingga masyarakat dapat tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan pencegahan," tegasnya.

Selain itu, Budi juga mengingatkan masyarakat jika menemui hal-hal yang mencurigakan untuk segera menghubungi Polisi terdekat atau bhabinkamtibmas agar segera ditindaklanjuti.

"Dalam setiap pesan kamtibmas, kami mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan orang lain, serta melaporkan jika mengetahui adanya peredaran minuman keras, narkoba, atau tindakan yang mengganggu ketertiban dan keamanan," ungkapnya.*