Upaya Polsek Pasawahan dalam Menjaga Keamanan, Patroli Blue Light di Malam Hari

Patroli blue light Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta

Mediapurwakarta.com
- Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus melakukan berbagai upaya guna menciptakan wilayah yang aman dan kondusif. 

Salah satu langkah yang diambil adalah melaksanakan patroli blue light secara konsisten dan intensif di seluruh wilayah Kecamatan Pasawahan dan Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta. 

Tujuan dari patroli ini adalah untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di daerah tersebut.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho, mengungkapkan bahwa pihaknya terus meningkatkan kegiatan patroli baik siang maupun malam hari guna memberikan rasa aman bagi masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan. 

"Ini dilakukan untuk memastikan keberlangsungan suasana yang kondusif di Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta," ungkap Ali, pada Rabu, 7 Juni 2023.

Patroli blue light atau patroli dengan menggunakan blue light ini merupakan bentuk pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat dengan tujuan memberikan rasa aman serta mencegah terjadinya kejahatan saat masyarakat sedang beristirahat atau beraktivitas. 

Kapolsek Ali menyebutkan bahwa terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan merupakan prioritas utama sesuai arahan Kapolres Purwakarta.

Selain itu, patroli malam juga dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya tindak kejahatan di tengah masyarakat. Kegiatan ini merupakan jawaban strategis dalam menjaga ketertiban dan keamanan, sehingga masyarakat dapat tidur nyenyak. 

"Patroli malam ini mengutamakan tindakan preemtif dan preventif sebagai langkah pencegahan yang efektif," kata Ali.

Tidak hanya itu, Kapolsek juga menjelaskan bahwa patroli malam ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada pelanggar protokol kesehatan tentang pentingnya tetap waspada terhadap Covid-19 yang belum berakhir. 

"Pihak kepolisian tetap memberikan imbauan kepada masyarakat agar disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Patroli ini dilakukan dengan rute acak sebagai bukti kehadiran personel Polri di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya,

Dengan adanya patroli ini, diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan menghilangkan rasa was-was bagi masyarakat yang beraktivitas di malam hari maupun yang sedang beristirahat. 

"Petugas patroli juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan warga yang mereka temui dan mengingatkan mereka agar tetap waspada serta melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker," pungkasnya.