Kolaborasi Bhabinkamtibmas dan Polisi RW, Mencegah TPPO dan Menjaga Keamanan Warga di Wilayah Plered

Sosialisasi pencegahan TPPO di masyarakat

Mediapurwakarta.com
- Dalam upaya melindungi warga di setiap desa di wilayah hukum Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat menghadapi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho memobilisasi Bhabinkamtibmas untuk secara langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Bhabinkamtibmas Polsek Plered, sebagai garda terdepan Polri, dengan gigih melakukan sosialisasi dan pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) sesuai arahan Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain.

"Seperti yang telah diarahkan oleh Kapolres Purwakarta, kami mendistribusikan Bhabinkamtibmas dan polisi RW di Wilayah Hukum Polsek Plered untuk menyampaikan pesan preventif tentang pencegahan TPPO kepada masyarakat," ujar Ali pada Jumat, 14 Juli 2023.

Ali menambahkan bahwa Bhabinkamtibmas dan Polisi RW terus memberikan pengingat kepada masyarakat agar tidak mudah tergoda oleh janji gaji tinggi dari pihak calo atau perekrut yang mengajak mereka untuk bekerja di luar negeri, demi menghindari terjadinya TPPO di Wilayah hukum Polsek Plered.

"Bhabinkamtibmas dan Polisi RW bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat agar tidak terjebak oleh rayuan pihak-pihak yang berusaha merekrut pekerja migran ilegal dengan menjanjikan gaji tinggi," ungkapnya.

Ali juga mengajak masyarakat agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas, Polisi RW setempat, atau langsung ke Polsek Plered apabila mendapatkan informasi tentang adanya oknum masyarakat yang menjadi pelaku atau perekrut tenaga kerja secara ilegal.

"Laporkan kepada kami jika ada yang mengalami atau mengetahui adanya kasus TPPO di wilayah Kecamatan Plered dan Tegalwaru. Masyarakat dapat melaporkannya kepada Bhabinkamtibmas atau Polisi RW, serta ke Polsek Plered," ucap Ali.

Kapolsek juga tidak lupa meminta kerjasama masyarakat dan tokoh agama dengan pihak kepolisian untuk mencegah TPPO dan melindungi calon korban agar terhindar dari ancaman tersebut.

"Kami mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan setiap kasus TPPO, karena hal ini merupakan kunci utama dalam memerangi kejahatan TPPO," ujar Ali.