Pencegahan TPPO di Plered, Bhabinkamtibmas dan Polisi RW Bergerak Bersama

Polsek Plered gencar melakukan sosialisasi dan pencegahan TPPO

Mediapurwakarta.com
- Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho,mengungkapkan bahwa langkah preventif untuk melindungi warga di setiap desa di wilayah hukum Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) telah ditempuh dengan mengerahkan Bhabinkamtibmas untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Menurutnta, Bhabinkamtibmas Polsek Plered yang merupakan ujung tombak kepolisian, sesuai dengan arahan Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, gencar melakukan sosialisasi dan pencegahan TPPO. 

Upaya ini melibatkan polisi RW dan Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polsek Plered, seperti yang disampaikan oleh AKP Ali Murtadho pada Senin, 24 Juli 2023.

Dalam rangka mencegah TPPO di wilayah tersebut, Ali menekankan pentingnya masyarakat tidak tergoda oleh janji gaji tinggi yang ditawarkan oleh para calo atau perekrut pekerja untuk bekerja di luar negeri. 

"Bhabinkamtibmas dan Polisi RW terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap tawaran tersebut," kata Ali.

Ali juga mengajak masyarakat untuk melaporkan keberadaan oknum masyarakat yang terlibat dalam kegiatan TPPO atau perekrutan tenaga kerja secara ilegal. 

Ia menambahkan, laporan dapat disampaikan kepada Bhabinkamtibmas, Polisi RW, atau langsung ke Polsek Plered. Kerjasama aktif dari masyarakat dan tokoh agama sangat ditekankan untuk mencegah TPPO dan melindungi potensi korban dari ancaman tersebut.

"Kami mengajak masyarakat harus proaktif melaporkan setiap ada kasus TPPO karena menjadi kunci utama memerangi kejahatan TPPO," ujar Ali.

Dengan demikian, langkah-langkah pencegahan dan kesadaran bersama diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya TPPO di wilayah Kecamatan Plered dan Tegalwaru.*