Polsek Bungursari Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Pos Ronda, Jaga Keamanan Lingkungan Purwakarta

Jajaran Polsek Bungursari Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Pos Ronda

Mediapurwakarta.com
- Dalam upaya mencegah tindak kriminalitas dan mengatasi berbagai ancaman gangguan kamtibmas di Kecamatan Bungursari, anggota Polsek Bungursari, Polres Purwakarta secara rutin melakukan kunjungan ke setiap pos ronda.

Kompol H Budi Harto, Kapolsek Bungursari yang mewakili Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, menyampaikan bahwa kegiatan patroli ke pos kamling tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan dukungan kepada masyarakat yang turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Budi, begitu ia akrab disapa, mengajak seluruh warga untuk menghidupkan kembali pos ronda di setiap kampung atau desa.

"Kehadiran pos ronda ini sangat penting untuk menjaga lingkungan kita dari potensi kejahatan. Pos Ronda merupakan salah satu cara yang efektif dalam menjaga dan mencegah bahaya dari para perampok dan pencuri," ucap Kapolsek pada Rabu, 12 Juli 2023.

Menurutnya, dengan keaktifan pos ronda, akan membantu kinerja aparat keamanan dalam menjaga keamanan di masing-masing kampung.

"Petugas yang hadir di tengah-tengah masyarakat bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada warga yang melaksanakan ronda malam, guna meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan patroli malam," tambah Budi.

Dia juga menekankan bahwa warga tidak bisa hanya mengandalkan aparat kepolisian, karena daya jangkau anggota polisi terbatas. Oleh karena itu, partisipasi aktif masyarakat sangat diharapkan dengan menghidupkan kembali kegiatan ronda malam.

"Untuk menjaga keamanan bersama, masyarakat diminta untuk mengaktifkan kembali pos ronda yang ada. Kerjasama dari seluruh masyarakat sangat diperlukan dalam mendukung tugas kepolisian. Laporkan segera jika terjadi masalah. Polri akan selalu bersama-sama dengan masyarakat dalam menjaga dan memelihara kamtibmas," tegas Budi.

Budi menilai bahwa pos kamling sangat efektif dalam menjaga keamanan dan kenyamanan warga, namun warga juga memiliki tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing.