Sambang Kamtibmas, Kolaborasi Warga dan Bhabinkamtibmas dalam Menjaga Keamanan

Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta giat sambang warga

Mediapurwakarta.com 
- Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, secara rutin melaksanakan kegiatan sambang ke masyarakat Desa binaan dengan tujuan menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas.

Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto, yang mewakili Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, menyatakan bahwa kegiatan sambang warga ini merupakan bentuk nyata kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat.

"Dalam menjaga keamanan wilayah binaan, bhabinkamtibmas tidak hanya memberikan kontribusi dalam upaya tersebut, tetapi juga berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)," kata Budi pada Sabtu, 15 Juli 2023.

Budi menambahkan bahwa sambang warga bertujuan untuk mempererat hubungan yang baik dan mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Kegiatan sambang ini dilaksanakan secara rutin guna mendekatkan diri kepada berbagai kalangan, termasuk tokoh masyarakat dan warga lainnya," imbuhnya.

Menurut Kapolsek, selain menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas, bhabinkamtibmas juga berperan dalam mengumpulkan informasi sekecil apapun yang terjadi di wilayah binaannya.

"Melalui kegiatan ini, selain terjalin hubungan yang baik antara warga dan Polri, anggota Bhabinkamtibmas juga dapat segera mengetahui perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah desa binaannya," jelas Kapolsek.

Budi menekankan bahwa dalam sambang Kamtibmas tersebut, bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan Kamtibmas secara humanis kepada masyarakat.

"Para bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas dan berperan aktif dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkap Budi.*