TNI dan Polri Gelar Patroli Bersama demi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Plered dan Tegalwaru

Personel gabungan TNI dan Polri di Kecamatan Plered

Mediapurwakarta.com
- Personel gabungan TNI dan Polri di Kecamatan Plered serta Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, melakukan patroli bersama guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah tersebut.

Tujuan dari patroli ini adalah mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, kegiatan patroli gabungan ini merupakan bentuk sinergitas antara TNI dan Polri di wilayah hukum Polsek Plered.

"Patroli gabungan ini kami laksanakan untuk memaksimalkan situasi Kamtibmas dan memantau situasi Kamtibmas di Kecamatan Plered dan Tegalwaru agar tetap aman dan kondusif," ujar Ali pada Jumat, 14 Juli 2023.

Tim gabungan yang terlibat dalam patroli ini melibatkan personel TNI Babinsa dari Koramil 1902/Plered, Kodim 0619/Purwakarta, serta personel Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat. Patroli dilakukan di beberapa titik wilayah hukum Polsek Plered, termasuk tempat-tempat keramaian, tempat perbankan, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, dan lokasi strategis lainnya.

Selama melaksanakan patroli, petugas gabungan juga berinteraksi dan berbincang dengan sejumlah warga. Meskipun wilayah hukum Polsek Plered telah aman dan kondusif berdasarkan hasil patroli, petugas tetap meningkatkan kewaspadaan.

"Pelaksanaan patroli bersama oleh petugas Polri dan TNI di tengah-tengah masyarakat memiliki tujuan sebagai tindakan preventif. Selain itu, patroli juga digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas," katanya.

"Dengan melaksanakan patroli pada siang dan malam hari, setidaknya dapat mencegah pelaku tindak kejahatan. Secara umum, situasi keamanan di Kecamatan Plered dan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, dapat dikatakan aman dan kondusif," ungkap AKP Ali Murtadho.