Harkamtibmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Plered Sosialisasikan Operasi Bina Waspada Lodaya 2023


Mediapurwakarta.com
- Dalam Aksi Bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Plered, dari Polres Purwakarta, di bawah Polda Jawa Barat, terlihat kompak dalam melaksanakan Upaya Sosialisasi Operasi Bina Waspada Lodaya 2023 kepada warga secara bersamaan. 

Ini dilakukan untuk memperkokoh sinergi antara TNI dan Polri di Wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Menurut Kapolres Purwakarta, 
AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, bahwa kegiatan ini adalah bentuk nyata dari kolaborasi TNI dan Polri serta sebagai wujud kehadiran pemerintah melalui kunjungan dan pemantauan yang dilakukan oleh aparat militer dan polisi.

"Serta menjaga keamanan wilayah yang mereka tangani, Babinsa juga secara kontinu turut serta dalam mendukung upaya pemerintah dalam memberikan pembelajaran kepada warga mengenai Sosialisasi Operasi Bina Waspada Lodaya 2023 untuk menciptakan situasi yang aman dan terkendali menjelang Pemilu 2024," kata Ali pada hari Minggu, 27 Agustus 2023.

Ali menambahkan bahwa sinergi antara TNI dan Polri dengan masyarakat bertujuan untuk memperkuat ikatan yang baik guna menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

“Kunjungan rutin ini dilaksanakan sebagai bentuk pendekatan kepada semua elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga lainnya,” ujarnya.

Selama kegiatan tersebut, selain menyampaikan pesan dan himbauan mengenai kamtibmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga berperan dalam mengumpulkan informasi apa pun yang ada di wilayah tanggung jawab mereka.

“Dengan ini, selain membangun hubungan yang baik antara masyarakat dan kepolisian, anggota Bhabinkamtibmas juga menjadi sumber utama informasi mengenai perkembangan situasi kamtibmas di desa mereka,” jelas Ali.

Kapolsek menekankan bahwa dalam kunjungan tersebut, para Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan mengenai kamtibmas secara humanis kepada masyarakat.

"Para Bhabinkamtibmas mengajak semua warga untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban, serta saling berperan dalam menjaga stabilitas kamtibmas," kata AKP Ali Murtadho.(*)