Inklusi dalam Aksi, Kolaborasi LAKPESDAM PCNU Purwakarta dan Desa Cibukamanah Berdayakan Kelompok Marginal


Mediapurwakarta.com
- Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM) PCNU Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan Pemerintah Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu, menggelar acara "Team Building dan Kolaborasi Usulan bagi Kelompok Perempuan, Disabilitas, dan Kaum Marjinal melalui Sekolah Lapang".

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Desa, terutama bagi kelompok rentan dan marjinal yanga ada di Desa Cibukamanah.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula dan Bale Mulya Rasa Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) yang fokus pada pembangunan desa inklusif dan akuntabel.

Setelah acara tersebut di Buka oleh Ibu Eni Kurniati, S.Pd, M.Ap, Kepala Desa Cibukamanah, dan diikuti oleh 25 peserta dari anggota lembaga Sekolah Lapang yang terdiri dari kelompok perempuan, disabilitas, dan kelompok marjinal. Turut hadir dalam acara tersebut Ustadz Darmana, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) sekaligus Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat.

Ketua LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta, Pupu Tarpu Hawa, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan emosional antara anggota tim lembaga Sekolah Lapang, sekaligus menggali usulan dan gagasan dari setiap peserta.

"Hasil dari usulan dan gagasan tersebut nantinya akan diajukan bersama untuk dimasukkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) dan akan didiskusikan lebih lanjut pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSREMBANGDES)," jelas Kang Pupung sapaan akrabnya Ketua LAKPESDAM PCNU Purwakarta, pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

"Harapannya adalah agar kelompok perempuan kepala rumah tangga, disabilitas, lansia, dan anak-anak memiliki hak yang sama dengan masyarakat umumnya. Mereka perlu mendapatkan perhatian yang setara dari Pemerintah dan tidak hanya dianggap sebagai objek kebijakan, tetapi juga mampu menjadi subjek dalam proses pembuatan kebijakan," tambah Kang Pupung.

Ditempat yang sama, M. Zaki Yusuf sebagai Koordinator Tim P3PD mengatakan, dengan adanya kolaborasi antara LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta dan Pemerintah Desa Cibukamanah, diharapkan bahwa langkah ini dapat membantu mengentaskan ketidaksetaraan dan ketidakmerataan dalam pembangunan desa.

"Tentunya ini memberikan peluang yang lebih baik bagi kelompok rentan dan marjinal untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan komunitas mereka," jelasnya.

Oleh karena itu, Zaky menekankan perlunya mengambil langkah-langkah konkret untuk memberdayakan kelompok ini. Tujuannya adalah agar mereka tidak sekadar menjadi objek dari kebijakan, tetapi juga mampu berperan aktif dalam semua aspek pembangunan.

"Dengan kerja sama yang semakin kokoh antara LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta dan pemerintah Desa Cibukamanah, diharapkan bahwa desa ini dapat menjadi contoh keberhasilan dalam mewujudkan inklusi sosial yang lebih luas. Hal ini berarti setiap warga desa memiliki suara dan peran penting dalam pembangunan desa yang berkelanjutan," demikian diungkapkan oleh Zaky.