Perangi Perdagangan Orang, Bhabinkamtibmas Polsek Plered Galang Kesadaran Masyarakat

Sosialisasi dan pencegahan TPPO

Mediapurwakarta.com
- Dalam upaya melindungi warga di setiap desa dalam wilayah hukum Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, terutama terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, telah menggerakkan Bhabinkamtibmas untuk langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Menurut Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, yang menyampaikan pernyataan atas nama Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, Bhabinkamtibmas Polsek Plered memiliki peran penting dalam melakukan sosialisasi dan pencegahan TPPO sebagai garda terdepan Polri.

"Dengan arahan dari Kapolres Purwakarta, kami telah menugaskan Bhabinkamtibmas hingga polisi tingkat lingkungan (RW) di wilayah hukum Polsek Plered untuk melaksanakan sosialisasi yang bersifat preventif terhadap TPPO," kata Ali pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Ali menambahkan, Bhabinkamtibmas dan Polisi RW secara kontinu memberikan pengingat kepada masyarakat agar tidak tergoda oleh tawaran gaji tinggi dari para calo atau perekrut yang berjanji pekerjaan di luar negeri, guna mencegah terjadinya TPPO di wilayah hukum Polsek Plered.

"Melalui pendekatan edukatif, Bhabinkamtibmas dan Polisi RW berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah termakan rayuan oknum yang ingin merekrut pekerja migran ilegal dengan iming-iming gaji besar," tambahnya.

Ali juga mengajak masyarakat untuk segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Polisi RW setempat, atau secara langsung ke Polsek Plered, jika memiliki informasi mengenai individu atau kelompok yang terlibat dalam perekrutan tenaga kerja ilegal, guna mengatasi potensi kasus TPPO.

"Kami mengimbau masyarakat agar memberitahukan kepada kami segera jika ada yang mengetahui atau mengalami kasus TPPO di wilayah Kecamatan Plered dan Tegalwaru. Informasi dapat disampaikan kepada Bhabinkamtibmas atau Polisi RW, serta dapat langsung dilaporkan ke Polsek Plered," tegas Ali.

Tak lupa, Kapolsek juga meminta kerjasama dari masyarakat dan tokoh agama dalam upaya pencegahan TPPO dan perlindungan terhadap calon korban, guna menjauhkan mereka dari ancaman tersebut.

"Kami mendorong masyarakat untuk proaktif melaporkan setiap kasus TPPO, karena partisipasi mereka merupakan kunci utama dalam memerangi kejahatan ini," sambung Ali.*