Satpolairud Polres Purwakarta Intensifkan Patroli Perairan untuk Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Masyarakat

Satpolairud Polres Purwakarta lakukan patroli di Waduk Jatiluhur dan sebagian Waduk Cirata

Mediapurwakarta.com
- Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, terus meningkatkan upaya deteksi dini terhadap permasalahan yang terjadi di wilayah perairan Kabupaten Purwakarta dengan melakukan patroli perairan secara intensif.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di perairan serta mencegah kecelakaan di Waduk Jatiluhur dan sebagian Waduk Cirata di Kabupaten Purwakarta.

Patroli yang gencar dilakukan di Waduk Jatiluhur dan sebagian Waduk Cirata tersebut merupakan bentuk pelayanan dari Satpolairud Polres Purwakarta kepada masyarakat, khususnya masyarakat pesisir.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kasat Polair, AKP Jajang Sukandar, menyatakan bahwa patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kondusifitas dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi masyarakat yang beraktivitas di perairan.

"Selama patroli, kami juga memberikan imbauan kepada pengemudi perahu di Waduk Jatiluhur agar selalu mengutamakan keselamatan saat melakukan perjalanan. Hal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di perairan, khususnya di Waduk Jatiluhur dan sebagian Waduk Cirata," ungkap Jajang pada hari Selasa.

Selain itu, Jajang juga melaporkan bahwa pihaknya telah menemukan kerawanan eceng gondok yang menyebabkan terhambatnya alur pelayaran perahu.

"Kami mengimbau para nelayan dan nahkoda perahu untuk memperhatikan cuaca dan arah angin agar tidak terjebak oleh eceng gondok. Selain itu, penting untuk menggunakan perahu yang dilengkapi dengan alat keselamatan, memperhatikan kapasitas muatan, dan memastikan pengemudi perahu sudah dewasa atau cukup umur," tambah Jajang.

Jajang menyatakan bahwa Satpolairud Polres Purwakarta secara terus menerus melakukan sosialisasi tentang keselamatan sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan di perairan.

"Penggunaan perahu di Waduk Jatiluhur dan Cirata masih menjadi alat transportasi utama bagi masyarakat yang beraktivitas di Keramba Jaring Apung (KJA)," lanjutnya.

Jajaran Satpolairud Polres Purwakarta juga melakukan pengecekan Alat Kelengkapan Kapal, termasuk pelampung dan Ring Bouy. Selain itu, pihaknya juga memeriksa kelaikan kapal, seperti kondisi body kapal dan mesin kapal, serta menyelidiki Surat Sungai dan Danau (SKK) ASDP Propinsi Jabar dan Surat Asuransi Jasa Raharja Kabupaten Purwakarta.

Kasatpolair Polres Purwakarta mengingatkan para pengemudi perahu dan nelayan untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca saat melakukan pelayaran baik di Waduk Jatiluhur maupun Waduk Cirata demi kepentingan keselamatan.

"Kami juga mengimbau para pencari ikan agar tidak menggunakan strum dalam menangkap ikan karena kegiatan ini dilindungi oleh undang-undang dan dapat melanggar hukum," tegas Jajang.

Dengan adanya patroli perairan yang intensif dan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan, diharapkan tingkat kecelakaan di perairan Purwakarta dapat berkurang, dan masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas di perairan tersebut.**