Sosialisasi Operasi Bina Waspada Lodaya 2023, Polsek Plered Rutin Lakukan Patroli Dialogis

Polsek Plered osialisasi Operasi Bina Waspada Lodaya 2023

Mediapurwakarta.com
- Patroli dialogis di seluruh wilayah terus dilaksanakan oleh personel Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, dalam upaya membangun kehadiran Polri di tengah masyarakat. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kinerja dan mengubah pandangan menjadi Polri yang Presisi, yaitu yang bersifat prediktif, responsif, serta transparan dan adil.

Personel dari Polsek Plered, Polres Purwakarta, melakukan patroli dialogis di seluruh wilayah Kecamatan Plered dan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, menjelaskan bahwa patroli dialogis ini bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan terkait keamanan dan ketertiban kepada masyarakat. 

"Ini menjadi kesempatan untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat serta memberikan sosialisasi tentang Operasi Bina Waspada Lodaya 2023," ucap Ali, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Ali Murtadho menegaskan bahwa patroli dialogis merupakan kegiatan rutin yang memiliki tujuan utama untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. 

"Yang tentunya patroli dialogis ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan Operasi Bina Waspada Lodaya 2023 kepada masyarakat," sebutnya.

Ali menjelaskan bahwa patroli dialogis tidak hanya fokus pada pemantauan warga, tetapi juga melibatkan penyampaian himbauan terkait kamtibmas kepada masyarakat. Tujuannya adalah menciptakan situasi yang aman dan nyaman. 

"Masyarakat diminta untuk berperan aktif dalam pemeliharaan kamtibmas di lingkungan tempat tinggal mereka," tambahnya.

Sejalan dengan arahan Kapolres Purwakarta, personel Polsek Plered secara terus-menerus melaksanakan patroli pada jam-jam rawan guna mencegah kejahatan konvensional seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), serta tindakan premanisme dan kegiatan geng motor.

Ali menekankan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Plered. 

"Patroli pada jam rawan ini merupakan respons strategis terhadap Harkamtibmas dan merupakan jaminan keamanan agar masyarakat dapat tidur nyenyak. Pendekatan preemtif dan preventif menjadi fokus dalam usaha ini," katanya.

Selain itu, Ali juga mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi Polisi terdekat atau bhabinkamtibmas jika menemui situasi mencurigakan. 

"Masyarakat juga diminta untuk tidak mengganggu kenyamanan orang lain serta diingatkan untuk melaporkan peredaran minuman beralkohol dan narkoba kepada pihak berwenang," pungkasnya.