Suara Terabaikan Kini Didengar, Desa Tegalsari Akselerasi Inklusi dengan 'Sekolah Lapang'

Team Building serta Penyelenggaraan Diskusi dan Gagasan Kelompok Perempuan, Disabilitas, dan Marginal melalui Lembaga Sekolah Lapang

Mediapurwakarta.com
- Dalam rangka mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan desa, terutama untuk kelompok rentan dan marginal, Lembaga Kesejahteraan dan Pendidikan Islam (LAKPESDAM) PCNU Kabupaten Purwakarta telah menjalin kerjasama erat dengan pemerintah Desa Tegalsari.

Kerjasama ini terwujud dalam acara "Team Building serta Penyelenggaraan Diskusi dan Gagasan Kelompok Perempuan, Disabilitas, dan Marginal melalui Lembaga Sekolah Lapang." Kegiatan ini berlangsung di Aula Desa Tegalsari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, pada hari Selasa, 15 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan bagian integral dari Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) yang digagas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), dengan tujuan untuk mengembangkan konsep Desa Inklusif dan akuntabel.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Desa Tegalsari dan diikuti oleh 25 peserta yang mewakili anggota Lembaga Sekolah Lapang. Peserta berasal dari berbagai latar belakang, termasuk kelompok perempuan, disabilitas, dan kelompok marginal. Bapak Daud Hamdani, Ketua MWCNU Kecamatan Tegalsari, juga turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Tegalsari, Iip Saripudin, mengapresiasi kegiatan LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta yang berkontribusi dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan desa, terutama bagi kelompok rentan dan marginal.

"Saya berterima kasih dan menhapresiasi terhadap kegiatan Lembaga Sekolah Lapang bagi warganya yang diselenggrakan oleh LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta," ungkapnya.

Pupu Tarpu Hawa, selaku Ketua LAKPESDAM PCNU Purwakarta, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat ikatan emosional di antara anggota Lembaga Sekolah Lapang serta untuk menggali gagasan dan usulan dari setiap peserta. 

"Hasil diskusi ini nantinya akan dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan akan melibatkan tahap Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes)," ucap Pupu dengan didampingi Koordinator Tim Lokal P3PD Purwakarta, M. Zaki Yusuf ketika dikonfirmasi usai kegiatan.

Pupu Tarpu Hawa menekankan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan hak yang setara bagi kelompok perempuan kepala rumah tangga, disabilitas, lansia, dan anak-anak, sehingga mereka memiliki perwakilan dan perhatian yang setara dari pemerintah. 

"Langkah-langkah yang akan diambil untuk memberdayakan kelompok ini agar tidak hanya menjadi objek kebijakan, tetapi juga aktif dalam semua aspek kebijakan pembangunan," jelasnya.

Dengan semakin eratnya kerja sama antara LAKPESDAM PCNU Kabupaten Purwakarta dan pemerintah Desa Tegalsari, diharapkan bahwa desa ini dapat menjadi contoh sukses dalam menciptakan inklusi sosial yang lebih luas.

"Tentunya setiap warga desa memiliki suara dan peran penting dalam pembangunan desa yang berkelanjutan," pungkasnya.*